Tim SGI Teacher Jadikan SDN 1 Boroko Timur Sebagai Pusat Pelatihan Guru 3P di Kecamatan Kaidipang

Foto: Kegitan Program Penempatan Trainer Sekolah Guru Indonesia (SGI)


SulutPos.com, Boroko – Dompet Dhuafa melalui organisasi Sekolah Guru Indonesia (SGI) pada pertengahan februari 2018 ini mengirimkan 15 trainer mudanya yang tersebar di lima provinsi di Indonesia Aceh Singkil-Nangro Aceh Darussalam, Seruyan-Kalimantan Tengah, Hulu Sungai Utara-Kalimantan Selatan, Toli-toli-Sulawesi Tengah, dan Bolaang Mongondow Utara-Sulawesi Utara, untuk mengabdikan diri selama kurang lebih 9 bulan.

Para trainer ini nantinya akan menjalan program pelatihan guru dengan mengusung konsep Guru 3P (Pemimpin, Pendidik dan Pengajar) yang ditujukan pada guru-guru jenjang pendidikan dasar seperti MI/SD baik negeri maupun swasta.

Open Recruitment
Open Recruitment

Sosialisasi terkait program pelatihan guru yang diadakan Sekolah Guru Indonesia rabu lalu di selenggarakan di SDN 1 Boroko Timur dan dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabid Pendidikan Dasar, Kepala Sekolah dan Guru-guru Se Kecamatan Kaidipang.

Kegiatan yang diselenggarakan dari pukul 14.00-16.30 WIT, pada Rabu 14 februari 2018  tersebut mendapatkan apresiasi penuh dari semua tamu undangan tak terkecuali Kepala Dinas Pendidikan Bolaang Mongondow Utara. Dalam sambutannya Bapak Kadis menyampaikan besar harapannya kehadiran para trainer ini dapat meningkatkan kembali ruh dan semangat guru untuk mengajar.

“Tugas guru itu mendidik, mendidik, mendidik, baru kemudian mengajar ucapnya penuh penghayatan. Selain itu beliau menambahkan bahwasanya guru yang berkualitas baik harus dipersiapkan untuk membangun karakter bangsa Indonesia, sehingga peran guru tidak bisa tergantikan dalam hal mendidik siswa menjadi bangksa yang berkarakter, guru juga diharuskan memiliki kepekaan dan tanggung jawab sosial dilingkungan terdekatnya untuk menanamkan nilai-nilai pada masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Sosialisasi SGI di kecamatan Kaidipang menandai bahwa Sekolah Guru Indonesia Dompet Dhuafa memilih Kabupaten Bolaang Mongondow Utara sebagai satu-satunya percontohan model Guru 3P di Provinsi Sulawesi Utara. Setelah dikonfirmasi lebih lanjut Guru Muniroh sebagai Pengelola Sekolah Guru Indonesia, mengantarkan 3 trainer binaannya yang disebar di tiga kecamatan yaitu kecamatan kaidipang, kecamatan bolangintang barat dan kecamatan pinogaluman untuk memaksimalkan potensi guru dan masyarakat disana melalui pelatihan intensif dan pembinaan kemasyarakatan dan SDN 1 Boroko Timur menjadi pusat pelatihan guru di kecamatan Kaidipang.

Muniroh berharap semoga para kepala sekolah, guru dan juga masyarakat dapat menerima kunjungan para trainer tersebut dengan baik dan mensupport segala bentuk program pembinaan yang dilakukan. Dan kebermanfaatan yang diterima para guru dalam pelatihan terus di bagikan kepada guru-guru lainnya tanpa henti untuk mewujudkan 1.500 guru terdidik tahun 2018 di lima provinsi binaan sekolah guru Indonesia dompet dhuafa. (*)

Oleh: Ade Munawar Luthfi, S.Pd – Trainer Sekolah Guru Indonesia

Ade Munawar Luthfi, S.Pd
Ade Munawar Luthfi, S.Pd

 

(Visited 267 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *