Ambil Tema Kemajuan Daerah dan Kesejahteraan Masyarakat, KPU Minahasa Sukses Gelar Debat Calon Putaran Pertama


IMG_20180326_080505

Sulutpos.com,Tondano – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara sukses mengadakan debat kandidat putaran pertama untuk pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Ivan Sarundajang-Careig N Runtu (IvanSa-CNR) dan Roy Roring-Robby Dondokambey (RR-RD), bertempat di Mercure Hotel Tateli, (23/3) Jumat.

Bertindak sebagai moderator  DR Magdalena Wullur, Dosen Fakultas Ekonomi Unsrat yang memandu jalannya debat hingga 7 segmen.

Tiga orang panelis juga dihadirkan pihak KPU Minahasa dalam debat kali ini, adalah Prof. DR. Kindangen, guru besar Unsrat, DR John Taroreh MSi, dosen Fakultas Ekonomi Unima, serta DR. Taufik Pasia.

Debat yang yang diikuti dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa masing-masing pasangan nomor urut satu Ivan Sarundajang – Careight Naichel Runtu (Ivansa-CNR) serta pasangan nomor urut dua Roy Roring – Robbie Dondokambey (RR-RD), berlangsung meriah.

Masing-masing pendukung kedua pasangan calon secara silih berganti memberikan dukungan dalam bentuk yel-yel, usai kedua kandidat yang didukungnya menyampaikan penjelasan terkait pertanyaan yang disampaikan moderator maupun panelis.

FB_IMG_1521792852859

Ketua KPU Minahasa Meidy Tinangon mengatakan, debat merupakan salah satu metode kampanye dan bagian dari tahapan calon untuk menyampaikan visi misi secara terbuka baik kepada pendukungnya maupun kepada seluruh masyarakat.

Tema Debat kali ini “Kemajuan Daerah dan Kesejahteraann Masyarakat”.
“Jadi debat adalah metode untuk menyampaikan program kepada masyarakat, makanya diambillah tema yang berkaitan dengan kemajuan dan kesejahteraan daerah,” tuturnya.

Ia berharap dengan adanya debat paslon ini, masyarakat boleh mendengar pesan ataupun visi-misi dari masing-masing paslon sehingga boleh dijadikan tolak ukur untuk memilih siapapun yang paling cocok untuk memimpin Minahasa.

“Jadi melalui visi-misi yang disampaikan kedua paslon ini bisa menjadi tolak ukur untuk masyarakat menentukan pilihan, sehingga masyarakat dapat memilah yang terbaik untuk menjadi pilihan yang paling tepat. Kiranya debat kali ini akan memantapkan dan menampilkan kualitas terbaik,” katanya.

Ia mengatakan terima kasih kepada semua stakeholder yang telah membantu hingga debat kandidat ini boleh berjalan dengan baik dan tertib.

“Terima kasih untuk semua yang terlibat yang sudah mensukseskan debat kandidat ini, mulai dari kepolisian, Kodim, partai politik, kedua paslon, tim pemenangan masing-masing paslon serta masyarakat. Kegiatan ini tidak akan terlaksana tanpa bantuan dan dukungan semua pihak, jadi sekali lagi kami ucapkan terima kasih,” tuturnya.

Perlu diketahui, dalam debat putaran pertama ini ada tujuh segmen, masing-masing segmen kedua paslon diberikan kesempatan sebanyak dua menit untuk menjawab pertanyaan.

Debat kandidat putaran pertama ini turut disaksikan pejabat Bupati Minahasa Royke Mewoh, Kapolres Minahasa AKBP Christ Pusung, Dandim 1302 Minahasa Jubert Nixon Purnama, KPID, Bawaslu, Panwaslu dan 5 Komisioner KPU Minahasa, serta para undangan lainnya.

Sementara salah satu paslon RR-RD yang paslon nomor urut dua mengatakan apresiasi dan penghargaan luar bisa bagi KPU yang telah melaksanakan debat ini sehingga berlangsung aman dan nyaman sejak pertama hingga berakhir dengan baik.

“Kami sangat mengapresiasi serta memberikan penghargaan setinggi-tingginya bagi KPU yang telah menyelenggarakan debat kandidat ini dengan segala baik, baik keamanan maupun kenyamanan tetap terjaga sampai kegiatan berakhir,” ungkap keduanya.( Ody)

 

(Visited 12 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *