Masuk Daerah Penyelenggara, Bupati JWS Ikut Rakorda Pilkada se Sulut

Sulutpos.com, Tondano – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, mengahadiri Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Tahun 2018, bertempat di ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulut, jalan 17 Agustus Manado, Selasa (13/03) pagi.

Dalam Rakorda yang diawali laporan Kepala Kesbangpol Sulut Meki Onibaln dan dipimpin langsung Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, didamping Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Sulut ini, Bupati JWS hadir turut didampingi jajaran Pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa terkait, para Camat dan para Hukum Tua se-Kabupaten Minahasa.

Sambutan Gubernur OD, Acara , dimana dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini merupakan tindak lanjut Rakornas Pilkada Serentak di Indonesia tahun 2018 di Jakarta beberapa waktu lalu, yang dibuka Menkopolhukam RI.

“Ada enam Kabupaten/ Kota dan 16 pasangan calon yang ikut Pilkada Serentak 2018 di Sulut. Kami sangat berterima kasih karena peran serta aparat keamanan sehingga sudah mulai tahapan dan berjalan aman. Kita berbangga karena Sulut tidak tercatat sebagai daerah rawan Pilkada, hal ini karena aparat keamanan selalu mensosialisasikan Pilkada yang aman,” tukasnya.

Lanjut dikatakan Gubernur, untuk mendukung suksesnya Pilkada Serentak 2018 di Sulut, Pemprov Sulut telah mengibahkan dana bagi penyelenggara Pilkada meski tidak banyak, berupa bantuan dana Rp 2,7 Miliar. Hal ini kami lakukan agar Pilkada sukses sesuai harapan masyarakat, dimana partisipasi masyarakat benar-benar terwujud dengan menghasilkan Pemimpin yang sesuai keinginan masyarakat,” ujarnya.

“Saya mengarapkan Rakorda ini dapat diikuti dengan baik dan menjadi wahana dan sarana untuk menyatukan persepsi seluruh penyelenggara Pilkada di Sulut dan yang terlibat didalamnya dalam menghasilakan Pilkada suskes dan berkwalitas, sambil menjaga netralitas, khususnya Kepala Daerah, ASN, TNI/ Polri dan Perangkat Desa yang ada,” pungkas Gubernur OD yang kemudian dilanjutkan deegan dengan pemaparan-pemaparan dari nara sumber yang diundang, diantaranya, Kasdam XIII Merdeka Brigjen TNI Fajar Setiawan, Kapolres Minahasa Irjen Bambang Waskito, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulut

Terpisah, Bupati JWS terkait Rakorda ini mengatakan, pihaknya yakni Pemkab Minahasa, mendukung segala keputusan yang muncul dalam Rakorda ini, diantaranya dengan menginstruksikan kepada jajarannya mensukseskan Pilkada Minahasa 2018, dengan bersikap netral sesuai amanat Undang-undang, khususnya bagi ASN, Hukum Tua dan Perangkat Desa.

“Acara ini sangat penting untuk suksesnya Pilkada Serentak di Sulut, khususnya Minahasa yang juga akan menggelar Pilkada. Dengan harapan, adanya Rakornda ini, ada awasan-awasan tertentu yang harus dipatuhi ASN, Hukum Tua dan Perangkat Desa, juga bagi terciptanya Pilakda yang aman, damai dan nyaman,” ungkapnya.

Acara ini dihadiri jajaran Pemprov Sulut, KPU, Banwas, pejabat Pemerintah Kabupaten/ Kota yang terkait, para Camat, para Hukum Tua, para Kapolres dan Kejaksaan, para Kapolsek serta undangan lainnya, dari enam Kabupaten/ Kota di Sulut yang akan menggelar Pilkada Serentak 2018 ( Ody)

(Visited 128 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *