Winsy Kuhu: Mencegah Money Politics, Panwaslu Minsel Lakukan ‘Sistem Pencegahan dan Penindakan’

Foto: Sosialisasi  pengawasan pemilu di Mercure Manado Tateli Beach Resort, pada Rabu, (14/03/2018).

Pesta Demokrasi yang sangat rentan dengan praktek Money Politics membuat Panwaslu harus bekerja secara ekstra. Money Politics atau Politik Uang sudah menjadi momok menakutkan yang dapat menjadi Virus bagi Demokrasi.


SulutPos.com, Amurang –  Menurut Winsy Kuhu selaku Koordinator Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran Panwaslu Minahasa Selatan (Minsel), ada dua sistem yang diupayahkan Panwaslu (Minsel).

Winsy Kuhu
Winsy Kuhu.

“Prinspinya kami sudah melakukan upaya-upaya dalam proses pencegahan agar supaya tindak Money Politics bisa di minimalisir sejak awal,” Ungkap Kuhu.

Lebih lanjut dikatakan Kuhu, panwaslu pada sistem ini melakukan sistem pencegahan, dan pada akhirnya ada juga yang melanggar, berarti kita masuk dalam proses penindakan. Dua sistem ini yang selalu ditekankan Panwaslu Minsel agar supaya tidak ada peserta pemilu yang melanggar.

“Untuk di tahun yang berjalan ini, kami Panwaslu Minsel mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses pencegahan, sehingga masyarakat mengetahui hal-hal apa yang tidak bisa dilanggar  untuk aturan main dalam pemilu,” jelas Winsi saat di temui wartawan ketika mengikuti sosialisasi pengawasan pemilu di Mercure Manado Tateli Beach Resort, pada Rabu, (14/03/2018).

Mengenai Politisasi Sara, Lanjut Kuhu, itu sudah ada aturan yang berlaku sehingga, ketika itu terjadi dan dilanggar, pasti pihak Panwaslu sampai pada tingkatan paling bawah akan melakukan tindakan. (Svide)

(Visited 332 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *