Mewoh : Ujung Tombak Pemerintahan Ada di Desa

Sulutpos.com, Tondano – Bupati Minahasa Drs Royke H Mewoh DEA, melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Sonder, Jumat (13/4).

Kegiatan yang dihadiri ASN, hukum tua, perangkat desa, BPD dan LPM serta pengurus TP PKK Kecamatan dan tokoh masyarakat, diawali ucapan selamat datang sekaligus laporan dari Camat Sonder Drs Rouldy Mewoh, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan doa.

Dalam sambutannya mewoh mengatakan kunjungan ini adalah dalam rangkah koordinasi dengan pemerintah Kecamatan Sonder.

“Saya baru saja berkunjung ke pasar Sonder dan secara umum perekonomian Sonder cukup baik meski butuh perbaikan infrastruktur pasar yang harus ditata dalam APBD 2019, “ungkapnya.

Karena itu butuh pengangaran dalam APBD yang akan diupayakan pemerintah dan bantuan dari anggota DPRD Minahasa seperti Sintya Keintjem yang merupakan warga Sonder dalam persetujuan anggaran.

Dikatakannya, diapun ingin melihat langsung program yang dilaksanakan, apakah berkesinambungan dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan sampai ke desa. Program lintas kementerian yang telah disampaikan kepada masyarakat diantaranya Program Dana Desa. Dana di Kecamatan Sonder kurang lebih Rp 19 miliar.

“Kegiatan ini harus melibatkan semua masyarakat termasuk tenaga kerja dari desa. Pemberdayaan masyarakat ada BumDes dalam rangka pemanfaatan dana desa. Apabila banyak kegiatan di BumDes akan memberikan sumbangan kepada PAD untuk digunakan sebagai peningkatan kesejahteraan,” kata Bupati.

Bupati kemudian menceritakana bahwa ada satu desa yang hasil BumDes dalam 1 tahun mencapai Rp 1 miliar karena inovasi yang dilakukan. Karena itu pemanfaatan dana desa harus dilakukan sesuai kebutuhan dan sesuai mekanisme yang ada.

“Mari kita sama-sama menjalankan pembangunan di desa yang adalah tanggung jawab bersama. Ujung tombak Pemerintahan kabupaten Minahasa adalah desa. Mari kita sama-sama membangun Minahasa lebih khusus di kecamatan atau desa kita. Sukseskan semua program.” pungkas Bupati

Kunjungan yang di gelar di Balai Desa Leilem tersebut turut dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra DR Denny Mangala MSi, Asisten Adm Umum Hetty Rumagit serta para pejabat pemkab Minahasa.(Ody)

(Visited 78 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *