Facebook Siap Luncurkan Jasa ‘Mak Comblang’ Online

Foto: CEO Facebook Mark Zuckerberg memaparkan fitur kencan dunia maya dalam Konferensi F8, pertemuan tahunan pada pengembang perangkat lunak di San Jose, California, 1 Mei 2018. Reuters


SulutPos.com, California – Akhirnya, Facebook merambah aplikasi kencan online.

Kepala Eksekutif Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan, Selasa (1/5), jejaring sosial terbesar di dunia itu siap menjadi ‘mak comblang’ dunia maya dengan meluncurkan fitur aplikasi kencan online bagi jutaan penggunanya, Reuters melaporkan.

“Ada 200 juta orang di Facebook yang berstatus lajang. Jadi jelas ada hal yang bisa dikerjakan untuk itu,” kata Zuckerberg di hadapan para pengembang jaringan lunak di konferensi tahunan Facebook, F8.

Facebook sudah mempertimbangkan fitur kencan online itu lebih dari satu dekade dan akan segera meluncurkan aplikasi itu. Dengan fitur ini, Facebook bisa membangun kembali popularitasnya di kalangan konsumen muda dan mendorong para pengguna untuk lebih sering mengunjungi situs webnya. Dua hal ini adalah tantangan terberat untuk bisnis media sosial.

Para pengguna Facebook bisa menunjukkan status pribadi mereka sejak Facebook diluncurkan pada Februari 2004.

Menurut Zuckerberg, Facebook membangun layanan kencan dengan menekankan pada privasi. Privasi menjadi topik sensitif bagi para pengguna situs web kencan, sedangkan Facebook masih berusaha bangkit dari skandal terkait informasi pribadi para pengguna.

Purwarupa aplikasi kencan Facebook yang ditampilkan pada konferensi F8 menunjukkan gambar hati di ujung kanan aplikasi Facebook. Dengan menekan tombol hati, pengguna bisa langsung masuk ke profil kencan, bila mereka sudah membuat sebelumnya.

Calon pasangan kencan akan direkomendasikan berdasarkan pilihan-pilihan, kesamaan dan teman-teman yang sama-sama dikenal, kata Facebook dalam pernyataannya.

Purwarupa juga didesain berdasarkan acara-acara lokal dan pribadi, hingga pengguna bisa mencari para pengunjung lainnya dan saling berkirim pesan.

Aplikasi kencan Facebook ini tidak memiliki fitur “geser (swipe)” kanan atau kiri pada foto calon pasangan kencan, untuk menandakan ketertarikan, seperti yang ada pada Tinder atau layanan lainnya. Namun ada dua tombol, masing-masing untuk “abaikan (pass)” dan “tertarik (interested).”

Fitur tambahan ini untuk membantu pengguna menjalin hubungan romantis jangka panjang, “bukan untuk kencan sekilas,” kata Zuckerberg. Dia menambahkan layanan ini akan segera diluncurkan, namun tidak memberikan kepastian waktu peluncuran.

Informasi lebih rinci mengenai aplikasi ini akan dirilis beberapa bulan mendatang, kata Chris Cox, Kepala Produk Facebook. [ft/au]

VOA News

(Visited 519 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *