Kekerasan di Gaza Menunjukkan “Ambang Peperangan” Mendekat

Foto: Api roket yang ditembakan oleh pihak Palestina terlihat di Jalur Gaza dekat wilayah Israel, Rabu pagi, 30 Mei 2018. Palestina membombardir bagian selatan Israel dengan puluhan roket dan mortir, Selasa (29/5), sedangkan pesawat-pesawat tempur Israel menggempur target-target sepanjang Gaza dalam kekerasan terbesar sejak perang 2014. AP


SulutPos.com, Washington – Utusan PBB untuk Timur Tengah mengatakan eskalasi terbaru di Gaza antara penguasa Hamas dan Israel adalah peringatan “setiap hari makin dekat ke ambang peperangan”, Associated Press melaporkan.

Nikolay Mladenov mengatakan dalam sidang darurat Dewan Keamanan, Rabu (30/5), masyarakat internasional harus “dengan tegas mengutuk” serangan roket danmortir Hamas terhadap Israel.

Namun dia mengatakan “eskalasi berbahaya” itu tidak dapat dipisahkan dari protes selama dua bulan di perbatasan Gaza di mana sekitar 110 warga Palestina tewas dan sejumlah besar luka-luka kenatembakan Israel.
Dewan Keamanan tetap lumpuh, tidak sanggup menyetujui tindakan apa pun.

Duta Besar AS, Nikki Haley yang menyerukan pertemuan itu, mengatakan pernyataan yang diusulkan oleh Amerika untuk mengutuk serangan Hamas, telah diblokir. Amerika sebelumnya memveto tiga pernyataan yang mengutuk pembunuhan yang dilakukan Israel dalam aksi-aksi protes itu. [ps/ii]

VOA News

(Visited 134 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *