PPIA, VOA Umumkan Pemenang Fellowship 2018-2019

Foto: Dari kanan-kiri: Direktur VOA Indonesia Bapak Agus Sunarto, Ibu Barbara Johnson dari PPIA, Ibu Wien Wien Tan dari EVA Air, Han Wishenda dari PPIA, Rendi Wicaksana (penerima fellowship), Ibu Phebe dari Yayasan LIA, Ibu Mira dari PPIA dan Ibu Ati dari PPIA, dalam jumpa pers pengumuman pemenang Program PPIA-VOA Broadcasting Fellowship, di @america, Jakarta, 2 Mei 2018. (VOA/Ahadian Utama)


SulutPos.com, Jakarta –  – Perhimpunan Persahabatan Indonesia–Amerika (PPIA) bekerja sama dengan Voice of America, kembali mengumumkan penerima Program PPIA-VOA Broadcasting Fellowship. Penerima program fellowship tahun ini, yang memasuki tahun ke-11, adalah Rendy Wicaksana dari TV One Jakarta.

Pemenang Program PPIA-Broadcasting Fellowship diumumkan pada Rabu (2/5) di @america, Jakarta. Rendy akan menjalani program magang di VOA, di Washington selama enam bulan hingga satu tahun yang akan dimulai pada awal Mei ini.

Sebelum dinyatakan sebagai pemenang program fellowship, Rendy harus menjalani beberapa tahapan seleksi yang ketat, mulai dari seleksi administrasi, wawancara baik via telpon maupun langsung dengan tim seleksi dari PPIA dan VOA.

Setelah melalui tahapan seleksi, tim PPIA-VOA memilih dan menyaring menjadi enam kandidat. Para kandidat selanjutnya menjalani tes menerjermahkan berita dan wawancara dengan tim seleksi di Jakarta dan Washington DC.

Rendy akhirnya terpilih menjadi fellow ke-17. Uniknya, ini adalah kali ketiga Rendy mengikuti seleksi PPIA-VOA Fellowship. Tahun-tahun sebelumnya, Rendy tidak lolos seleksi.

Selama bekerja di VOA, para penerima fellow akan menimba ilmu jurnalistik radio dan televisi dan on-line di Amerika Serikat.

Selain itu, program fellowship bertujuan agar para fellow bisa menjembatani kesenjangan yang sering muncul antara masyarakat Indonesia dan Amerika karena kurang pemahaman terhadap budaya satu sama lain.

PPIA-VOA fellowship program ini dibuka pendaftarannya setiap tahun pada November melalui website www.voaindonesia.com. [ft/as]

VOA News

(Visited 410 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *