OD : Pancasila Akan Terus Mengalir di Seluruh Nadi Rakyat Indonesia

Sulutpos.com, Kawangkoan – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE memimpin upacara memperingati Hari Lahir Pancasila ke-73 di Stadion Kawangkoan, Kabupaten Minahasa, Jumat (1/6).

Dalam amanat upacara, Gubernur Olly membacakan sambutan dari Presiden RI Joko Widodo. Dia mengatakan bahwa selama 73 tahun, Pancasila mampu bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya. Selama itu pula, Pancasila sudah menjadi rumah bagi bangsa Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

“Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia,” katanya.

Gubernur Olly menuturkan, Pancasila adalah berkah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada Indonesia, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia. Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar Negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita. Pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi,” ujarnya.

Gubernur Olly menambahkan, dengan modal semangat dan energi kebersamaan, bangsa Indonesia mampu berprestasi untuk memenangkan kompetisi. Bangsa Indonesia harus percaya diri dan berani bersaing dalam kehidupan dunia yang semakin terbuka dan kompetitif.

“Kita harus melakukan lompatan besar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan tangguh. Saya yakin semangat berprestasi itu tertanam kuat di dada para atlet kita untuk mengibarkan bendera merah putih di Asian Games dan Asian Para-games yang diselenggarakan tahun ini,” imbuhnya.

“Saya yakin semangat berprestasi ini juga membara di seluruh lapisan masyarakat dan di seluruh jenis profesi untuk menjadikan Indonesia sebagai Negara maju, negeri yang baldatun toyyibatun wa rabbun ghafur,” sambung Olly.

Usai sambutan, peringatan Hari Lahir Pancasila ke-73 dilanjutkan dengan deklarasi Sulut dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila dan pelepasan pawai parade Pancasila oleh Gubernur Olly yang melibatkan unsur organisasi kemasyarakatan, LSM, jajaran TNI/Polri, ASN, pemuda dan pelajar.

Adapun peringatan Hari Lahir Pancasila ke-73 turut dihadiri jajaran Forkopimda, Wakil Gubernur Drs. Steven O.E. Kandouw, Ketua TP-PKK Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua TP-PKK dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, Sekdaprov Edwin Silangen, SE, MS Pj Bupati Minahasa Drs Royke Herkules Mewoh DEA, dan para pejabat Pemprov Sulut dan Pemkab Minahada (Ody)

(Visited 47 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *