Wakili Gubernur OD, Bupati Mewoh Hadiri Gebyar Ketupat Jaton

Sulutpos.com, Tondano – Bupati Minahasa Drs Royke H Mewoh DEA, mewakili Gubernur Sulut menghadiri pagelaran tradisi dan religi Jaton yang dikemas dalam Gebyar Ketupat Jaton dan Halal Bihalal Ba’do Ketupat yang diselenggarakan oleh Kerukunan Keluarga Jaton Indonesia (Kodarsus KKJI) di Kampung Jawa Tondano yang juga dicanangkan sebagai Kampung Wisata Budaya pada Sabtu (23/6).

Acara diawali dengan Kalam Ilahi dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, ucapan selamat datang oleh Ketua Panitia Alfian Kiay Demak dan Pidato Kordasus KKJI Umar W Masloman SH, pencananganm serta penanaman pohon jeruk di halaman Masjid, kemudian peyerahan bantuan sebesar Rp 50 juta dari Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili Bupati Minahasa.

Dalam sambutannya, Mewoh menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tradisi tahunan usai lebaran Idul Fitri yang bertujuan sebagai ajang silahturahmi. Selain itu juga, kegiatan ini merupakan bentuk pelestarian budaya lokal dan ajang untuk mempromosikan potensi wisata, termasuk wisata kuliner.

“NKRI sebagai negara yang memiliki berbagai macam kebudayaan dari Sabang sampai Merauke sebagai peninggalan nenek moyang yang semestinya diteruskan oleh generasi penerus agar budaya tidak punah.
Keragaman etnik menjadikan Kabupaten Minahasa sarat dengan nilai budaya lokal yang sangat luhur dan tak ternilai harganya. Sayangnya kearifan nilai budaya lokal mulai tergeser oleh transformasi dan peradaban sosial, sehingga lambat laun akan mengalami kepunahan jika tidak sejak dini dilakukan revitalisasi terhadap nilai-nilai tradisi yang ada,” tutur Mewoh.

Bupati juga berharap agar kegiatan Gebyar Ketupat dan Kuliner Jaton ini, dapat menjadi media untuk membangun dan memperkokoh hubungan persaudaran antar umat beragama dan masyarakat Minahasa.

“Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia pelaksana dan semoga dapat menjadi nilai ibadah dan hasilnya bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat Minahasa,” tukas Bupati.

Acara ini juga dihadiri Ketua KKJI Kordasus Hi Umar Masloman, perwakilan Kapolda Sulut KomPol Darwanto , Dandim 1302 Minahasa Letkon Inf Jubert Nixon Purnama STh, Kajari Minahasa Saptana Setiabudi SH MH, Camat Tondano Utara Johny Tendean AP MAP didampingi Sekcam Aldrien Christian SSTP, Ketua KKJI Sulut DR Ismail Maskromo, Imam H Ahmad Kiay Demak, Ketua PHBI Sulut H Syahrul Poli, Ketua BTM H Syam Thayeb, Ketua MUI Kab Min Syamsudin Dali, Ketua KKJI Min H Umar Masloman serta tamu undangan dan masyarakat Kampung Jawa Tondano.(Ody)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *