Gedung Putih Klaim “Kemajuan,” Pompeo Terbang ke Korea Utara

Foto: Menteri Luar Negeri AS Pompeo dalam sebuah acara di Departemen Luar Negeri di Washington, 28 Juni 2018. Reuters


SulutPos.com, Washington – Di tengah kekhawatiran bahwa Korea Utara tampaknya justru memperkuat, bukan membongkar, fasilitas rudal dan nuklirnya, Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo pekan ini akan melakukan perjalanan ketiga ke Pyongyang.

Pompeo, yang melakukan kunjungan pertama ke Korea Utara awal tahun ini sebagai Direktur Badan Intelijen Amerika CIA, dijadwalkan akan berada di Pyongyang pada 5-7 Juli.

Perjalanannya ini dilakukan pasca pembicaraan pada Minggu (1/7/2018) di zona demiliterisasi Korea antara Duta Besar Amerika Untuk Filipina Sun Kim dan beberapa pejabat Korea Utara.

Ini merupakan pertemuan pertama kali pejabat Amerika dan Korea Utara setelah KTT Presiden Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Singapura 12 Juni lalu.

“Kami terus mencapai kemajuan. Kami telah melakukan pertemuan yang baik kemarin,” ujar juru bicara Gedung Putih, Sarah Huckabee Sanders, menanggapi pertanyaan VOA dalam konferensi pers, Senin (2/7/2018). “Menteri Luar Negeri Pompeo akan berada disana akhir pekan ini untuk melanjutkan pembicaraan tersebut.” [em/al]

VOA News

(Visited 119 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *