2019 Mendatang Minahasa Bebas Kemasan Plastik

Sulutpos.com,Tondano – Tahun 2019 mendatang Pemerintah Kabupaten Minahasa bakal larang penggunaan kemasan plastik beredar dalam setiap kegiatan dan acara pribadi.

Pernyataan tegas itu dikatakan Bupati Minahasa Ir. Royke Oktavian Roring, MSi, saat menutup kegiatan Rapat Pimpinan ( Rapim) Evaluasi dan Pengawasan Penyerapan Anggaran (EPPA) yang digelar diruang sidang Setdakab pada Jumat (23/11)siang tadi.

” Mulai tahun depan kita melarang penggunaan kemasan plastik baik, Minuman mineral maupun kemasan lain digunakan disetiap kegiatan atau acara pribadi ” Kata Bupati ROR dihadapan seluruh perangkat Pemerintahan kepala SKPD sampai ke Camat se Kabupaten Minahasa.

“Sampah plastik adalah salah satu sampah/limbah berbahaya yang mengancam lingkungan dan manusia namun kitapun menyadari bahwa aktivitas manusia tidak bisa lepas dari penggunaan plastik,” Terangnya.

Ditambahkannya pula agar setiap perangkat daerah dapat menyiapkan perlengkapan alat makan dan minum disetiap perkantoran guna menunjang progam ini.

” Kita sebagai masyarakat dan jemaat untuk mengurangi produksi sampah plastik dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya penggunaan botol minuman / tumbler sebagai upaya mengurangi sampah plastik minuman kemasan, membawa kantong belanja sendiri, dan tentunya tidak membuang sampah sembarangan.SKPD silahkan menyiapkan peralatan seperti Dispenser serta gelas untuk dipakai diperkantoran,” tegas ROR.

Sementara sebagai bentuk apresiasi pemkab Minahasa bagi desa yang tanggap dalam program ini maka akan ada penghargaan dari pemkab Minahasa.

“Kita akan berikan reward untuk hukum tua dan lurah yang menangapi dengan cepat akan intruksi ini,” Ungkap ROR yang kembali menginggatkan para Camat yang hadir dapat mengintruksikan hukum tua dan lurah menjaga selokan, dan saluran untuk tidak dijadikan tempat pembuangan sampah.

“Menginggat saat ini musim penghujan, jadi diminta kepada hukum tua dan lurah untuk himbau masyarakat tidak membuang sampah di saluran atau got,apalagi sampah pelastik itu bisa menyumbat air yang mengalir dan bisa berakibat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, ” Pungkasnya. ( Ody)

 

 

 

 

(Visited 53 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *