Monumen Benteng Moraya Pusat Pagelaran Harkanas 2018

Sulutpos.com,Tondano –  Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Utara Ir.Ronald Sorongan MSi, Wakili Gubernur Olly Dondokambey SE dalam pembukaan festival Ikan Nusantara ( HARKANAS) 2018.

Festival yang digelar selama tiga hari dari 19-21 November di Monumen Benteng Moraya kedatangan Sorongan disambut Sekretaris Daerah ( Sekda) Jefry Korengkeng SH MSi serta Ketua Panitia kegiatan Dra Fenny CH Roring  – Lumanau SIP selaku ketua TP-PKK dan Martina Dondokambey selaku wakil ketua TP – PKK Kabupaten Minahasa.

Dalam laporan kegiatan Fenny CH Roring – Lumanauw  mengatakan Harkanas tahun 2018 ini mengambil tema ” Ikan adalah Sumber Ketahanan Pangan dan Gisi Nasional,” Mengoptimalkan Promosi Kuliner, Promosi Produk UKM/UMKM Seni Kerajinan Dan Seni Budaya.

” Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah mengajak seluruh lapisan masyarakat, terutama anak-anak agar gemar makan ikan, mengingat ikan memiliki komposisi nutrisi yang sangat baik; memperkenalkan, mendorong dan memajukan kuliner indonesia; serta menjadi ajang kerjasama dengan pengusaha, pebisnis dan rekan rekan suplier, industri, dan pabrik-pabrik lainnya,” Jelas

Sementara Gubernur Sulawesi Utara mengatakan, momentum Harkanas ini harus dijadikan penyemangat kemajuan pembangunan bangsa dan daerah disektor perikanan.

“Di sinilah letak substansi dan tujuan mendasar dari peringatan Harkanas,dimana masyarakat luas untuk saling mendukung agar potensi perikanan yang sangat besar, harsu ditangani bersama sebagai sumber daya peningkatan kesejahteraan dan kemajuan bangsa,” Kata Sorongan.

Lebih lanjut dikatakannya,Sulut memiliki potensi perikanan tangkap sebesar 1,1 juta ton per tahun, yang idukung dengan 7 industri ikan kaleng serta 8 industri ikan kayu.

Jika proyeksi potensi sektor perikanan berdasarkan asumsi produksi 50 persen saja, lanjud dia, maka produksi perikanan tangkap Sulut dapat mencapai 550 ribu ton per tahun dengan nilai sekitar 16,1 triliun rupiah.

“Potensi sumber daya alam yang luar biasa ini seharusnya dapat menjadikan Indonesia sebagai negara industri kelautan dan perikanan dunia. Dalam konteks itulah lewat momentum peringatan Harkanas tahun 2018 ini, saya mengajak semua komponen masyrakat untuk bersama-sama membudayakan konsumsi ikan serta melestarikan sumber daya perikanan yang kita miliki, baik di darat maupun di laut,” jelasnya.

“Sekaligus mari kita berkarya dan bekerja mengolah sekaligus memanfaatkan sumber daya perikanan yang kita miliki untuk kesejahteraan dan kemajuan bangsa,” pungkasnya. Sambil membuka dengan resmi rangkaian kegiatan itu.

Adapun peserta dalam kegiatan itu adalah perutusan dari setiap SKPD dan Kecamatan se Kabupaten Minahasa. (Ody)

(Visited 6 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *