Penyerapan Anggaran 2018 Setiap SKPD Pemkab Minahasa Kurang Maksimal

Sulutpos.com,Tondano – Penyerapan Anggaran di masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) tahun 2018 dinilai belum Maksimal, dikarenakan kurang matangnya perencanaan.

Hal ini dikatakan Bupati Minahasa Ir.Royke Oktavian Roring M.Si ( ROR) kala memimpin Rapat Pimpinan (Rapim) Evaluasi dan Pengawasan Penyerapan Anggaran (EPPA), bersama jajaran Kepala SKPD Minahasa, bertempat di ruang sidang Kantor Bupati, Jumat (23/11) siang.

Menurutnya, realisasi penyerapan keuangan dan fisik sampai bulan Oktober 2018, belum sesuai jadwal yang ditetapkan. Untuk itu, dirinya meminta perhatian kepada Kepala SKPD, bahwa dalam mengelola keuangan serta tertib administrasi pelaporan realisasi keuangan dan fisik, hendaknya disesuaikan dengan sistem monitoring pada aplikasi EPPA, dengan memperhatikan instruksi Bupati Minahasa nomor 02 tahun 2013, tentang pelaksanaan EPPA Pemkab Minahasa.

“Adanya berbagai kendala, menunjukkan sering kurang matangnya tahap perencanaan serta evaluasi kegiatan yang berakibat pada rendahnya penyerapan anggaran dan realisasinya. Saya ingatkan kembali betapa pentingnya perencanaan dan penyusunan anggaran yang efektif serta ditujukan sebesar-besarnya memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat,” kata Bupati

ROR kemudian menyampaikan bahwa, Kepala SKPD harus memahami bersama bahwa pelaksanaan pemerintahan daerah dengan paradigma baru berdasarkan undang-undang nomor 23 tahun 2014, khususnya pengelolaan keuangan daerah, dilakukan secara efektif, efisien, transparan, akuntabel, tertib, adil, patut dan taat pada peraturan perundang-undangan.

“Hal ini bertujuan untuk menyeragamkan persepsi serta meningkatkan efisien dan efektifnya pengelolaan anggaran, khususnya dilembaga pemerintahan, baik pusat maupun daerah. Rapim EPPA ini memiliki peran strategis dalam pencapaian kinerja masing-masing perangkat daerah, terutama dalam upaya pencapaian realisasi keuangan maupun fisik,” ujarnya.

Bupati ROR kemudian mengingatkan Kepala SKPD bahwa sampai dengan bulan November masih terdapat perangkat daerah yang belum melaksanakan perekaman data struktur anggaran APBD perubahan tahun 2018 pada aplikasi EPPA, serta melaporkan. “Harap ini diperhatikan,” pungkasnya.

Sementara, Rapim EPPA ini turut dihadiri Sekretaris Daerah Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH MSi, Asisten III Perekonomian dan Pembangunan Sekdakab Minahasa Dr Sihar Wilford Siagian MA, Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekdakab Minahasa Hetty Rumagit SH, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setdakab Minahasa Philip Siwi SE, serta para Kepala SKPD di jajaran Pemkab Minahasa.(Ody)

(Visited 13 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *