Pemkab Minahasa Tebarkan 400 Ribu Benih Ikan di Danau Tondano

IMG_20181207_191413

Sulutpos.com,Remboken – Sebanyak 15 ribu benih ikan nila ditebarkan di peraiaran Danau Tondano tepatnya di area Wisata Sumaru Endo Remboken pada Jumat (07/11) pagi tadi.

Penebaran Benih Ikan nila oleh Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Minahasa yang dipimpin Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi ( RD) ini di prakarsai Dinas Perikanan dan kelautan Kabupaten Minahasa.

Dalam laporan kegiatan, Pelaksana Harian Kepala Dinas Ir. Hengky Kaunang menjelaskan penebaran benih ikan ini sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati dimana sektor unggulan Minahasa salasatunya melalui perikanan.

” Ini merupakan visi misi Bupati dan Wakil Bupati dimana salah satu sektor unggulan Minahasa adalah perikanan, Tujuan Penebaran ikan ini dalam rangka menjaga stok ikan di danau tondano untuk mensejahterahkan nelayan di seputaran danau tondano,” Kata Kaunang,

Dikatakannya pula, pihaknya telah menebarkan 400 ribu benih ikan nila dan ikan Mas yang dibeberapa area.” dibeberapa spot, kita telah sebarkan kurang lebih 400 ribu benih terdiri dari ikan nila dan ikan mas,” Terangnya.

Sementara Wabup RD dalam sambutanya mengatakan sebagai salah satu Kabupaten di Provinsi Sulut yang memiliki peran strategis dalam pengembangan usaha perikanan. Kabupaten Minahasa adalah daerah yang cukup potensial untuk kegiatan perikanan baik perikanan tangkap maupun perikanan budidaya.

“Kabupaten Minahasa Pembangunan sektor perikanan mempunyai peranan penting dalam mendukung kesejahteraan masyarakat. Restocking ikan adalah salah satu upaya penambahan stock ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum, pada perairan yang dianggap telah mengalami penurunan stock akibat tingkat pemanfaatan yang berlebihan,” Kata Wabup.

Menurut Wabup, tujuan restocking selain menambah stock ikan agar dapat dipanen sebagai ikan konsumsi, juga bertujuan mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang.

“Keberadaan ikan pada suatu perairan akan memberikan manfaat baik bagi ekosistem pada perairan tersebut maupun bagi manusia sebagai bahan pangan,” Ungkapnya yang kala itu didampingi Sekretaris Daerah Jefry Korengkeng SH, MSi.

” Kegiatan penebaran benih ikan atau restocking saat ini adalah salah satu upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat khususnya para pembudidaya dan penangkap ikan di seputaran danau tondano serta sebagai upaya pelestarian danau tondano sebagai sumber penghidupan sebagian masyarakat kabupaten minahasa,” Lanjut Wabup yang kembali menginggatkan akan visi misi mereka saat pimpin Minahasa.

” Seiring dengan visi kabupaten minahasa yaitu Minahasa maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera maka salah satu misi kami adalah mewujudkan kemandirian ekonomi dengan mendorong sektor pertanian, perikanan dan pariwisata,” Imbuhnya.

Menurut wabup kedepannya kegiatan restocking yang dilaksanakan pemerintah ini bakal menjadi contoh dan bisa ditiru oleh masyarakat. Sehingga masyarakat mampu melakukan restocking dengan kesadaran sendiri, dan apabila didukung dengan kearifan lokal akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat secara berkelanjutan.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Asisten I Pemerintahan dan Kesra Setdakab Minahasa DR Denny Mangala M.Si, Asisten II Pembangunan dan Perekonomian DR. Wilford Siagian MA,Kepala Dinas Perhubungan, Para Kabag, Camat dan Hukum tua, kelompok-kelompok Pembudidaya ikan dan penangkap Ikan di daerah sekitaran danau Tondano. ( Ody)

(Visited 24 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *