Gerakan Bersih Lingkungan, Langkah Pemkab Minahasa Cegah DBD

Sulutpos.com,Tondano – Warga Kabupaten Minahasa kini mulai dibuat resah akibat mulai merebaknya penyakit Demam Berdarah ( DBD).

Guna pencegahan tidak bertambah korban penderita yang diakibatkan gigitan Nyamuk Aedes aegypti  ini, Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Minahasa mengambil langkah dengan gerakan Bersih – bersih lingkungan secara serentak di Wilayah Kabupaten Minahasa.

” Sesuai surat edaran bernomor 005/004/sekt-eko-sda yang ditandatangani Sekda Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH, MSi mengatasnamakan Bupati Minahasa Ir. Royke Oktavian Roring MSi, tertanggal 9 Januari 2019, jumat besok jam 07.00 bakal digelar bersih-bersih serentak,” Kata Pangerapan dalam siaran persnya pada Kamis (10/01)sore tadi.

Dijelaskannya, Pelaksanaan Kerja bakti nantinya terfokus pada wilayah yang berpotensi mewabahnya DBD serta pembersihkan wadah-wadah yang dapat menjadi genangan air.

” Tujuannya adalah wilayah yang berpotensi mewabahnya DBD, dan juga kita bakal membersihkan seluruh wadah tempat tergenangnya air, ” Jelas Kabag.

Edaran Bupati tersebut mengintruksikan bahwa Pimpinan OPD dapat melibatkan seluruh ASN di lingkungan kerja masing-masing dengan membawa peralatan kerja bakti. Para Camat dapat menginstruksikan seluruh Hukum Tua/Lurah bersama perangkat untuk mengajak masyarakat membersikan lingkungan tempat tinggal masing-masing. Kepala Dinas Pendidikan agar menginstruksikan seluruh sekolah untuk membersikaan lingkunagan sekolah masing-masing.

“Bagi Desa atau Kelurahan yang memiliki kesepakatan waktu kerja bakti agar dapat menyesuaikan sesuai waktu yang disepakati. Khusus Kepala Dinas Kesehatan agar menginstruksikan para kepala puskesmas untuk melakukan fogging di wilayah yang rawan DBD. Kepala Lingkungan Hidup agar mengatur pembagian wilayah untuk mobil pengangkut sampah,” papar Pangerapan sambil menambahkan bahwa dalam kerja bakti tersebut akan dipantau langsung  Asisten I diwilayah Dapil III, Asisten II di wilayah Dapil II, Asisten III Dapil I dan Inspektur Daerah di wilayah Dapil IV.

” Hasil pemantauan setiap Kerja bakti ini akan dilaporkan kepada Bupati dan Wakil Bupati Minahasa,” Pungkasnya.

(Visited 141 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *