Penderita DBD di Minahasa Meningkat,Bupati ROR Intruksikan Pencegahan Dini

Sulutpos.com,Tondano – Sehubungan dengan meningkatnya jumlah penderita kasus Penyakit Demam Berdarah DBD, maka pemerintah Kabupaten Minahasa mengintruksikan adanya pencegahan dini dari setiap lapisan masyarakat.

Intruksi tersebut dikatakan Bupati Ir Royke Oktavian Roring M.Si ( ROR) dalam pesan Whatsappnya kesetiap SKPD terutama para Camat,lurah dan Seluruh hukum tua se Kabupaten minahasa pada rabu (03/01)pagi ini yang berbunyi:

“Seluruh Kepala SKPD, terutama para Camat, Lurah dan Hukum Tua, serta seluruh ASN se-Kabupaten Minahasa,
Sehubungan dengan terjadinya peningkatan jumlah pasien Demam Berdarah akhir-akhir ini di beberapa rumah sakit, maka untuk mencegah agar penyakit DBD tidak meningkat disampaikan kepada saudara – saudara hal -hal yang WAJIB SAUDARA SAMPAIKAN KEPADA MASYARAKAT yaitu sebagai berikut:

*Pertama*. Di musim penghujan ini instruksikan agar masyarakat memperhatikan jangan ada genangan air hujan yang tertampung di pot bunga, botol kemasan air mineral, kaleng cat bekas dan lain – lain yang ada di lingkungan dekat rumah sehingga menjadi sarang bertelur dan berkembang biaknya nyamuk aedes agepty pembawa virus DBD.

*Kedua*. Berikan pemahaman kepada masyarakat bahwa kegiatan penyemprota atau _fogging_ bukan cara yang efektif untuk memberantas nyamuk demam berdarah ketimbang kegiatan menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing secara rutin dan terpadu.

*Ketiga*. Lakukan 3M Plus yaitu
1. Menguras
2. Menutup tempat penampungan air
3. Mengubur barang bekas dan atau melakukan daur ulang.

*Keempat*. Mengawasi kompleks pekuburan yang banyak orang berziarah dan membawa bunga agar bunga tidak diletakkan di wadah yang diisi air sehingga mencegah terbentuknya media bagi nyamuk Aedes Agepty bersarang dan berkembang biak.
Terima kasih.” urai Bupati. ( Ody)

(Visited 20 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *