Terobosan Baru DD di Kabupaten Mitra,Uang di Kas Desa Minimal 5 Juta

Sulutpos.com, Ratahan – Sebanyak 91 Aparatur Sipil Negara ASN,diangkat sebagai Penjabat Hukum Tua di 12 Kecamatan oleh Bupati Minahasa James Sumendap SH,Pada Senin (07/01)Kemarin di Sport Hall Ratahan.

Langkah awal kinerja Hukum tua inipun diterangkan lebih jelas oleh JS Sapaat Bupati Mitra yakni menjalankan program pemerintah sampai ke tingkat desa terlebih pengelolaan dana desa ( DD)

” Masalah Plt Hukum tua. Sistem yang akan dibangun tersebut berkaitan dengan pelaporan dana desa.
Yang berlaku sekarang ada papan pengumuman. Sekarang ditambah jurnal setiap minggu laporan keuangan yang akan disampaikan kepada masyarakat dan wajib ditempatkan ditempat umum supaya penyerapan anggaran, penggunaan anggaran, berapa yang digunakan,untuk apa anggarannya dapat dipajang di sana,” Kata JS.

Diingatkannya pula,setiap Desa hanya bisa menyimpan dana dalam dalam kas kecil mililk desa sebesar 5Juta rupiah

” Yang saya terapkan saat ini uang di kas kecil paling tinggi nominalnya 5 juta rupiah lain dari itu harus di bank semua ” tegas Bupati yang didampingi Wakil Bupati Drs. Jesaja Joke Legi.

” Ini suatu kewajiban dan terobosan baru walaupun diakui kita punya kelemahan dalam pengelolaan dana desa namun pemerintah daerah berusaha bagaimana untuk amannya dana desa tidak digunakan untuk merugikan masyarakat,” Imbuhnya

Dalam kinerja dan penerapan setiap program tersebut, Masyarakat Minahasa Tenggarapun diminta bisa bersama mengawasi jalannya pemerintahan di setiap desa.

” Kita minta masyarakat turut mengawasi dan menyampaikan kepada pemerintah.dan ada sistem pelaporannya, jika ada dugaan kepala desanya maka dilaporkan berdasarkan sistem dan aturan. semua pelaporanya akan diteruskan kepada inspektorat dan akan langsung ditindak lanjuti,” terangnya sambil meminta hukum tua selain menyukseskan pemilihan hukum tua di setiap Desa masing -masing, tugas pokok lainya adalah sukseskan jalanya pemilihan umum tahun 2019 nanti.

“Tahun inipun yang menjadi tugas penting lain dari setiap Hukum tua adalah Sukseskam Pemihan Legislatif dan Presiden tahun 2019.ada Satu tekat minahasa tenggara harus sukseskan pemilu dan tiga tekat sukseskan Program pemerintah di sulawesi Utara,” Pungkasnya. ( Ody)

(Visited 124 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *