Tindak Lanjut Intruksi Bupati,Kerja Bakti Masal Sampai ke Kecamatan dan Desa

Pembersihan Saluran air di Desa Tountimomor
Pembersihan Saluran air di Desa Tountimomor Kecamatan Kakas Barat

Sulutpos.com,Tondano – Tindak lanjut Intruksi Bupati Minahasa Ir.Royke Oktavian Roring MSi, terkait Gerakan Bersih – bersih lingkungan disambut baik oleh setiap jajaran Pemerintahan Kabupaten ( Pemkab) Minahasa.

Dari pantauan wartawan media ini pada Jumat (12/01) sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah ( SKPD)  mengerahkan seluruh personilnya turun mengadakan pembersihan di Lingkungan sekitar perkantoran juga setiap saluran air yang berpotensi tempat berkembang biak Jentik Nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus sumber penyebab banyak warga terkena penyakit Demam berdarah dengue (DBD).

Kegiatan Bersih – bersih lingkungan pun dilakukan sampai ditingkat Kecamatan dan Desa,seperti Kecamatan Kakas Barat, yang dipantau langsung pengerjaanya oleh Camat Jeffry Tangkulung SH,MAP.

Sementara Untuk Instansi Sekolah, pengerjaannya di pantau langsung Kepala Sekolah atau penanggung jawab Sekolah.

Berikut Lima cara mudah bagi warga  untuk cegah demam berdarah.

1. Bersihkan bak mandi seminggu sekali

Air merupakan tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti . Nyamuk betina bertelur pada dinding bak yang terisi air, larva nyamuk kemudian akan mendapat makanan dari mikroorganisme yang hidup di sekitarnya. Selama masa ini, larva nyamuk akan melepaskan kulit pelindung mereka dan berkembang biak hingga mencapai tahap terakhir. Ketika larva nyamuk sudah cukup kuat, selanjutnya larva akan berubah menjadi pupa. Pada tahap pupa, tidak dibutuhkan makanan. Pupa hanya akan mengalami perubahan bentuk hingga akhirnya menjadi nyamuk biasa yang siap terbang.

Keseluruhan siklus ini berlangsung 8 – 10 hari dalam suhu ruang. Membersihkan bak mandi setidaknya satu minggu sekali dapat memutus siklus hidup nyamuk Aedes aegypti.

2. Perhatikan perabotan rumah tangga yang menampung air

Baskom berisi air, vas bunga, ember, dan wadah lain yang dapat menampung air berpotensi menjadi tempat nyamuk bersarang. Rajin-rajinlah membersihkan tempat-tempat tersebut setidaknya dua kali seminggu untuk mengurangi risiko munculnya nyamuk pembawa demam berdarah.

3. Gunakan kasa nyamuk

Kasa nyamuk berguna untuk mencegah masuknya nyamuk dari luar rumah.memasang kasa nyamuk pada pintu dan jendela.

4. Jangan menumpuk atau menggantung baju terlalu lama

Sesekali perhatikanlah gantungan baju di balik pintu. Baju kotor yang menumpuk dapat menjadi tempat favorit untuk dihinggapi nyamuk. Memang tumpukan baju kotor bukan tempat nyamuk berkembang biak, tetapi merupakan tempat favorit nyamuk hinggap. Hal ini dikarenakan nyamuk menyukai aroma tubuh manusia. Jika memang harus menyimpan kembali baju yang telah dipakai, letakkan baju pada tempat yang bersih dan tertutup.

5. Gunakan lotion anti nyamuk atau kelambu

Ketika hendak bepergian, jangan lupa gunakan lotion anti nyamuk terutama pada bagian tubuh yang tidak tertutup oleh pakaian. Namun tidak hanya saat bepergian, tetap harus melindungi diri dari gigitan nyamuk ketika sedang tidur karena nyamuk demam berdarah aktif pada malam hari hingga menjelang subuh.

Selain menggunakan lotion anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur juga dapat membantu menghindari gigitan nyamuk dan mencegah demam berdarah.(Ody)

(Visited 293 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *