Dinas Pertanian Boltim Salurkan Bantuan Bibit Padi, Jagung dan Kedelai

Foto: Kepala Dinas Pertanian Boltim, R Setiono.


SulutPos.com, Tutuyan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Pertanian sedang dalam tahapan penyaluran bantuan Padi, Jangung, Kedelai (Pajale), dengan memakai sistem Tumpang Sari.

Demikian Kepala Dinas Pertanian Boltim, R Setiono, menyampaiakn ke awak media, Kamis (14/3). Menurut dia, pihaknya tengah melaksanakan tugas-tugas bantuan tahun 2019, dimana sistem yang ditonjolkan saat ini adalah Tumpang Sari untuk jagung, padi ladang, dan kedelai.

“Tumpang Sari sendiri adalah sistem penanaman dua jenis tanaman dalam satu lahan dengan waktu bersamaan. Bantuan yang akan disalurkan ke masyarakat dengan luas lahan keseluruhan seluas 9.450 Hektare,” terang Setiono.

Selain pola Tumpang Sari, lanjut Setiono, ada monokultur jagung, padi sawah dan bawang putih. Ini adalah program Hibrida dan memakai dana pusat, yakni Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Dinas Pertanian Boltim sebagai pelaksana. Untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sendiri akan disalurkan bantuan berupa pengembangan tanaman pangan seperti bawang merah dan ada juga bibit kakao sambung pucuk,” tutup Setiono. (IWAN).

(Visited 130 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *