Eman: Peran UMKM Sangat Penting untuk Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat

Foto: Kegiatan pengembangan perencanaan perekonomian masyarakat, bertempat di Balai Benih Pertanian, Kamis 14 Maret 2019.


SulutPos.com, Tomohon – -Pemerintah Kota Tomohon, melalui Bagian Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Tomohon, melaksanakan kegiatan pengembangan perencanaan perekonomian masyarakat, bertempat di Balai Benih Pertanian, Kamis 14 Maret 2019.

Walikota Tomohon, Jimmy F Eman SE Ak, dalam sambutannya, sekaligus membuka kegiatan secara resmi, mengatakan bahwa pengembangan perencanaan perekonomian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kecil sangat luas, dan salah satunya melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Walikota Tomohon, Jimmy F Eman SE Ak
Walikota Tomohon, Jimmy F Eman SE Ak.

Menurut Walikota Eman, setidaknya perlu kita memahami beberapa peran strategis UMKM dalam perekonomian Indonesia dan bagaimana mengembangkannya, diantaranya, sebagai pemain utama dalam kegiatan ekonomi di berbagai sektor, sebagai penyedia lapangan kerja yang terbesar, pencipta pasar baru dan sumber inovasi,” jelas Eman.

Diharapkan, lanjut Eman, melalui pengembangan UMKM, dapat meningkatkan stabilitas ekonomi makro, karena menggunakan bahan baku lokal dan memiliki potensi eksport, sehingga akan membantu menstabilkan kurs rupiah dan tingkat inflasi, menggerakkan sektor riil, karena UMKM umumnya memiliki keterkaitan industri yang cukup tinggi.

“Mampu menyerap 99,45% tenaga kerja di Indonesia dan meningkatkan pendapatan domestik usaha mikro dan kecil, yang diharapkan akan meningkatkan pendapatan per kapita dari kelompok mayoritas penduduk terbawah sekaligus meningkatkan pemerataan pendapatan masyarakat  sehingga dapat menurunkan tingkat kemiskinan,” kata Eman.

Ditambahkannya, selaku pemerintah, menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini yang intinya merupakan wujud perhatian pemerintah kepada masyarakat dalam menyanggah ekonomi rakyat kecil dan mampu memberikan dampak secara langsung terhadap perbaikan perekonomian di tingkat masyarakat bawah.

Sebelumnya, Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kota Tomohon, Vonnie Montolalu SPd, dalam laporannya, mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk tersedianya rumusan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat kecil yang kurang mampu dan pelaku usaha mikro,

“Agar terciptanya stabilitas perekonomian masyarakat kecil dan pelaku usaha mikro dalam pemenuhan kebutuhan serta peningkatan ekonomi keluarga,” kata Montolalu.

Kegiatan pengembangan perencanaan perekonomian masyarakat, bertempat di Balai Benih Pertanian, Kamis 14 Maret 2019.
Kegiatan pengembangan perencanaan perekonomian masyarakat, bertempat di Balai Benih Pertanian, Kamis 14 Maret 2019.

Sebagai narasumber, Otoritas Jasa Keuangan Sulut, Gorontalo, Maluku Utara – Mouren Monigir,  PT Bursa Efek Indonesia-Manado Mario Iroth, MNC Sekuritas Yansen Sumual SE, Asisten Perekonomian Sekda Kota Tomohon Ir Djoike Karouw MSi, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tomohon Jane Mendur SE, unsur dinas koperasi, usaha kecil dan menengah Kota Tomohon, para lurah se-Kota Tomohon dan anggota masyarakat serta pelaku usaha mikro. (nv/MR)

(Visited 113 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *