Gelar Sosialisasi Pemilu 2019,Warga Binaan Rutan Malendeng Minta KPU Siapkan TPS Khusus

( Foto Cover : Ketua KPU Minahasa Lord CH Malonda saat pemaparan materi terkait pemilu 2019)

Sulutpos.com,Tondano – Gelar Sosialisasi terkait Pemilihan Umum ( Pemilu) serentak tahun 2019 bagi warga binaan yang ada di Rumah Tahanan ( Rutan) kelas II Malendeng Manado Kamis (14/03),warga minta ada Tempat Pemungutan Suara ( TPS) Khusus yang di sediakan Komisi Pemilihan Umum ( KPU) terlebih bagi mereka yang memiliki KTP Elektonik Kota Manado dan Kabupaten Minahasa Utara.

” Kami berharap pihak KPU bisa memfasilitasi para warga binaan asal Manado dan Minahasa Utara untuk bisa mengunakan hak suara mereka di Rutan Malendeng dengan pengadaan TPS khusus terlebih warga yang memengang KTP Kota Manado dan Minahasa Utara apalagi telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap, ” Kata Eko herianto salah satu warga binaan asal Kota Manado.

Sementara itu Ketua KPU Minahasa Lord CH Malonda menjelaskan sesuai regulasi yang ada saat ini Rutan Malendeng masuk dalam Wilayah Kabupaten Minahasa tepatnya di Desa Sawangan Kecamatan Tombulu.dan KPU Minahasa hanya akan menfasilitasinya dengan penerimaan Formulir A5 sebagai warga pindah memilih.

” Jadi KPU Minahasa hanya akan memfasilitasi dengan formulir A5 yakni Formulir pindah memilih dan akan mendapat tiga kertas suara yakni untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden,DPR-RI dan DPD RI,” Kata Malonda yang saat itu didampingi Komisioner Lidya Malonda, Piter Mawikere serta Rendy Suawa.

Malonda menambahkan para warga binaan yang ada di Rutan Malendeng tidak bisa mendapat surat suara untuk DPRD Provinsi karena wilyah tersebut berada di Daerah Pemilihan Kabupaten Minahasa dan Kota Tomohon.

Terkait permintaan warga binaan asal kota manado adanya TPS khusus pemilih asal Manado,pihak KPU Minahasa akan melaporkannya ke KPU RI.

” Akan Kita laporkan ke KPU RI terkait permintaan adanya TPS khusus di Rutan Malendeng,” Pungkas Malonda

Adapun Kegiatan Sosialisasi pemilu serentak tahun 2019 yang di laksanakan oleh KPU ini mendapat respon positif dari warga binaan rutan tersebut.( Ody)

(Visited 90 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *