Kabupaten Minahasa Utus Desa Kopiwangker Dalam Lomba Hatinya PKK Tingkat Provinsi

Sulutpos.com,Tondano – Setelah melalui setiap tahapan dan penilaian, Desa Kopiwangker Kecamatan Langowan Barat siap diutus dalam lomba Hatinya PKK tingkat Provinsi Sulut.

Hal tersebut dikatakan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa Dra. Fenny Ch. M. Roring-Lumanauw, SIP.saat membawakan Laporan dalam penilaian Lomba Antar Provinsi pagi tadi Senin (25/03)di Desa Kopiwangker.

“Minahasa telah melakukan persiapan untuk mengikuti Lomba di tingkat Provinsi. Kegiatan ini dilaksanakan secara berjenjang mulai dari lomba antar Desa, dan Kecamatan yang dilakukan selama 3 bulan, sehingga mendapatkan Desa Kopiwangker yang pantas mewakili Kabupaten Minahasa dalam lomba Hatinya PKK tingkat Provinsi,” Kata Isteri Tercinta Bupati Royke Oktavian Roring.

Dalam persiapan pengutusan ketingkat provinsi pihaknya terus melakukan pendampingan bersama instansi terkait.

” Telah dilakukan pendampingan selama 2 Minggu oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa bersama Dinas-dinas terkait,”Terang Fenny.

Dijelaskannya, Lomba yang bakal diikuti adalah Lomba Ive Test, didesa Sea,lomba Posyandu, Lingkungan Bersih Sehat di desa Lotta, Kecamatan Pineleng, lomba UP2K di desa Kinali Satu Kecamatan Kawangkoan, lomba PAAR di Desa Parepei Kecamatan Remboken, lomba Administrasi di desa Kanonang Kecamatan Kawangkoan Barat.

” Minahasa sudah siap untuk di nilai oleh tim dari Provinsi Sulawesi,”tandasnya.

Sementara Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey mengatakan tujuan utama gerakan PKK adalah mewujudkan masyarakat yang sejahtera yang akan berimplikasi pada terwujudnya masyarakat yang sejahtera.

” Penyelenggaraan Lomba HATINYA PKK secara berjenjang dari tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi bahkan Nasional merupakan salah satu upaya TP-PKK untuk mewujudkan keluarga sejahtera melalui menciptakan ketahanan pangan keluarga khusunya pemanfaatan pekarangan rumah untuk mencukupi kebutuhan bahan pokok,” Kata Wabup.

Lebih lanjut dikatakan Wabup,Lomba Hatinya PPK bisa memotivasi masyarakat memberdayakan potensi keluarga dan memanfaatkan pekarangan serta kreatifitas dalam mengola bahan bekas yang tidak terpakai menjadi media tanam yang mampu menghasilkan.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Utara yang di sampaikan Wakil Ketua Bidang Pokja I Maritje Sualang-Pangemanan, S.Pd.menjelaskan salah satu kegiatan TP – PKK Provinsi Sulawesi Utara dalam peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47 dan pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan tahun 2019 adalah pelaksanaan berbagai lomba.

” Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) seperti lomba Hatinya PKK, IVA TEST, Lomba PHBS, LBS dan Posyandu.ini bertujuan untuk memastikan bahwa gerakan PKK telah dijalankan, selain itu sebagai bagian pembinaan pelaksanaan program gerakan PKK yang dilaksanakan sesuai hasil Rakernas PKK,” Jelas Maritje.

” Yang perlu di perhatikan, program-program PKK selalu terintegritas dengan program-program lain terutama yang dikelola pemerintah maupun swasta dan LSM, baik di Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota. Dilingkungan Provinsi Sulut, kegiatan PKK juga disuport dan didukung oleh instansi terkai baik dukungan dana maupun dalam bentuk kegiatan langsung,”imbuhnya.

Untuk bidang keuangan Maritje berharap guna mendukung program TP – PKK disemua jenjang sampai saat ini masih mengharapkan bantuan dari pemerintah.” Kita perlu beradaptasi secara aktif dalam musrenbang mulai dari mengusulkan program PKK dan program lain menyangkut kepentingan keluarga dan masyarakat kedalam rencana kerja pemerintah setempat. Karena tanpa dukungan dana, tentua sia-sia segala rencana kerja dan upaya-upaya gerakan PKK di Semua jenjang, terutama yang menyangkut kepentingan keluarga-keluarga di Desa/Kelurahan,” Harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Wakil Ketua TP- PKK Minahasa Martina Dondokambey-Lengkong, Ketua Dharma Wanita Persatuan Seeve Korengkeng-Warouw, SE, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Minahasa Dr. Denny Mangala, M.Si, Camat Langowan Barat Ir. Lendy Aruperes,Tim Penilai Provinsi Sulawesi Utara, Camat dan Hukum tua se Langowan Raya.( Ody)

(Visited 27 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *