Pacu Roda Perekonomian Rakyat, Bupati Paruntu Hadiri Raker Kemendag

Foto: Bupati Minahasa Selatan (Minsel), DR Christiany Eugenia Paruntu SE (kiri), dan Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Enggartiasto Lukita (kedua dari kiri).


SulutPos.com, Amurang – Bupati Minahasa Selatan (Minsel), DR Christiany Eugenia Paruntu SE, menghadiri Peresmian dan Penghargaan Pasar Rakyat Indonesia, serta Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2019. Kegiatan ini dibuka oleh Presiden RI, Ir Joko widodo, di Hall 3a ICE BSD, Tanggerang Banten, Selasa, 12 Maret 2019. Bupati Minsel hadir didampingi Kadis Perindag Minsel, Drs Adrian Sumuweng.

Bupati Minahasa Selatan, DR Chistiany Eugenia Paruntu (kanan), bersama Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Drs Adrian Sumuweng (kemeja putih)
Bupati Minahasa Selatan, DR Chistiany Eugenia Paruntu (kanan), bersama Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Drs Adrian Sumuweng (kemeja putih)

Jokowi, seperti dilansir dari Laman resmi Sekretariat Kabinet RI, mengatakan bahwa sampai akhir 2018 lalu, pemerintah telah membangun kurang lebih 4.200 pasar di seluruh tanah air,  “Plus yang pasar desa, pasar kecil-kecil tapi ada di desa ada 8.900 yang telah kita bangun selama empat tahun ini,” kata Presiden Jokowi.

Sementara itu,  Kemendag dalam mengimplementasikan mandat membangun dan merevitalisasi 5.000 Pasar Rakyat dalam periode 2015 – 2019, kembali membuktikan komitmennya dengan peresmian secara simbolis, diwakili Pasar Rakyat Serikat C Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar; Pasar Rakyat Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur; dan Pasar Rakyat Sagalaherang, Kabupaten Subang.

“Peresmian pasar dan pemberian penghargaan pasar rakyat bertujuan meningkatkan motivasi instansi pembina, pengelola, dan pedagang untuk saling bersinergi mewujudkan eksistensi pasar yang aman, bersih, nyaman, dan berkeadilan. Selain itu juga bersinergi dalam memberikan kontribusi terhadap peningkatan perekonomian,” ujar Mendag, dikutip dari Press Release Laman resminya

Ada pula penghargaan yang diberikan kepada lima Pengelola Pasar Terbaik, yaitu Pasar Rakyat Manis Purwokerto, Kabupaten Banyumas; Pasar Rakyat Agung, Kota Denpasar; Pasar Rakyat Gunung Sari, Kota Cirebon; Pasar Pinangsungkulan, Kota Manado; dan Pasar Rakyat Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Peresmian dan Penghargaan Pasar Rakyat serta Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2019. Kegiatan ini dibuka oleh Presiden RI, Ir Joko widodo, di Hall 3a ICE BSD, Tanggerang Banten, Selasa, 12 Maret 2019
Peresmian dan Penghargaan Pasar Rakyat serta Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2019. Kegiatan ini dibuka oleh Presiden RI, Ir Joko widodo, di Hall 3a ICE BSD, Tanggerang Banten, Selasa, 12 Maret 2019.

Dibagian lain, upaya pemerintah kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dalam memacu roda perekonomian rakyat, telah lama diperjuangkan oleh Bupati Minsel, Dr Christiany Eugenia Paruntu. Ini terlihat dalam beberapa dekade terakhir ketika pemerintah meresmikan beberapa Pasar dimana anggarannya mencapai miliaran rupiah.

Seperti Pasar dua lantai berbandrol 7 miliar di Sinonsayang (bersumber dari APBN tahun 2016), atau juga ‘Pasar Rakyat Nusantara’ di Kecamatan Tatapaan tepatnya di Desa Paslaten Satu, yang peresmiannya dilakukan oleh Bupati ‘Tetty‘ Paruntu (sapaan akrab), Selasa, 17 November 2015 lalu.

“Meski masih ada pasar yang berskala kecil, namun Pasar Rakyat Nusantara akan berdampak baik bagi roda perekonomian masyarakat sekaligus meningkatkan perekonomian daerah,” kata Bupati Paruntu.

 Kegiatan ini dibuka oleh Presiden RI, Ir Joko widodo, di Hall 3a ICE BSD, Tanggerang Banten, Selasa, 12 Maret 2019
Kegiatan ini dibuka oleh Presiden RI, Ir Joko widodo, di Hall 3a ICE BSD, Tanggerang Banten, Selasa, 12 Maret 2019

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, para kepala daerah se indonesia, serta instansi terkait lainnya. (nv)

(Visited 387 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *