Dibuka Wabup Legi, Pemkab Mitra Gelar Lomba Menu Serba Ikan

Sulutpos.com,Tondano – Bertempat di Sport Hall Kantor Bupati Minahasa Tenggara ( Mitra) Rabu (10/04) menggelar lomba masak menu serba ikan, blkerja sama antara pemkab Mitra dengan Dinas kelautan dan Perikanan (DKP) serta TP PKK dan dibuka Wakil Bupati Drs. Jesaja Legi.

Kepala DKP Mitra Ir Vecky Monigir ketika membacakan laporan mengatakan, tema lomba masak menu serba ikan tingkat kabupaten Mitra 2019 adalag “Menu masakan ikan untuk kesehatan masyarakat”.

“Tujuan meningkatkan ketrampilan memasak berbahan baku ikan, menyebarluaskan informasi tentang ikan, olahan ikan kandungan gizi serta manfaatnya, mendukung pemanfaatan sumber daya ikan yang berkedaulatan dan berkelanjutan bagi kesejahteraan masyarakat, dan melakukan kampanye pemanfaatan ikan yang bukan berasal dari praktek IUU fishing dan [enangkapan ramah lingkungan sejalan dengan seafood “membeli yang baik”, ujarnya.

Dijelaskanya, menu ikan yang dilombakan ada 3 jenis. Pertama menu ikan untuk keluarga, kedua menu ikan untuk balita dan ketiga menu kudapan dan snack.

Sementara itu, wakil Bupati dalam arahannya menuturkan, peningkatan kosumsi ikan dalam rangka tekad kita memajukan kesejahteraan masyarakat, dimana manfaatnya bagi kesehatan dan juga kecerdasan.

“Untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat tentunya harus dimulai dari peningkatan konsumsi ikan keluarga. Dalam menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing, serta berkarakter maka pembangunan pembinaan fisik dan mental haruslah dimulai dari keluarga, ikan sebagai salah satu sumber protein hewani merupakan jawaban yang tepat dalam penyediaan gizi yang sehat bagi keluarga,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, Kabupaten Mitra memiliki kekayaan dan keragaman sumber daya kelautan dan perikanan yang cukup melimpah didukung oleh potensi perairan di tiga wilayah pesisir kabupaten Mitra yakni Pusomaen, Belang dan Ratatotok.

“Serta potensi ikan air tawar di kawasan minapolitan Tombatu, Pasan dan Ratahan. Dilihat dari hal itu tentunya bisa berbanding lurus dengan tingkat konsumsi ikan masyarakat Mitra. Salah satu promosi guna mendorong peningkatan konsumsi ikan adalah dengan kegiatan ini, berupa lomba masak menu serba ikan juga merupakan upaya mensukseskan program Gerakan memasyarakatkan makan ikan (GEMARIKAN) yang dinisiasi kementrian kelautan dan perikan RI,” ungkapnya.(Ody)
(Visited 96 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *