Malonda : Penyelenggara Pemilu Butuh Pendampingan Medis

FB_IMG_1555940682682

Sulutpos.com,Tondano – Pemilihan Umum ( Pemilu) tahun 2019 ini merupakan Pemilu yang pertama digelar secara serentak dengan agenda pemilihan dari Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan Kota.

Dari pemilu ini,bukan saja memerlukan waktu yang cukup lama dalam penyerenggaraanya dari saat Pemungutan Suara,sampai pada Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara.namum dalam pelaksanaan tersebut ternyata menguras tenaga para penyelenggara.

FB_IMG_1555940661468

Terpantau,guna mensukseskan pemilu ini, didapati puluhan Penyelenggara Pemilu yang harus kehilangan nyawa atau meninggal dunia dan Ratusan yang dirawat dirumah sakit akibat kelelahan selama pelaksanaan Pemilu berlangsung.

Mencegah tidak bertambah lagi korban dan mengantisipasi menurunya stamina para penyelenggara pemilu, Badan Pengawan Pemilu ( Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara ( Sulut),memberikan suport serta penguatan bagi setiap penyelenggara.

“Sahabatku KPU dan Bawaslu Kab /Kota, tugas melakukan rekapitulasi Penghitungan Suara adalah tugas mulia untuk menjaga Suara Rakyat yang telah diberikan pada saat Pemungutan Suara di TPS. Proses rekapitulasi butuh kecermatan dan ketelitian dalam upaya menjaga kemurnian suara rakyat, tidak diselewengkan dan dimanipulasi,” Kata Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda dalam akun Facebooknya Senin ( 22/04)

Menurut Malonda, Upaya mengatasi masalah butuh konsentrasi dan kesehatan yang prima,” Kita semua adalah manusia biasa yang memiliki keterbatasan fisik dan stamina,” terangnya sambil meminta pihak Bawaslu dan KPU Kabupaten dan Kota dapat berkoordimasi dengan pemerintah setempat guna memberikan pendampingan medis dengan membangun posko kesehatan di setiap tempat pelaksanaan Rapat Pleno Rekapitulasi penghitungan suara.

” Oleh karena itu dalam upaya mendeteksi dan menjaga kesehatan, diharapkan segera Koordinasi dengan Bupati / Walikota melalui Dinas Kesehatan untuk membuka Posko Kesehatan di Rekap PPK dan Rekap KPU Kabupaten Kota,Tetap Semangat untuk kita semua, ” ujarnya.

Sementara menindak lanjuti akan himbauan tersebut, pihak KPU Minahasa meresponsya dengan membuat permohonan kepihak pemkab Minahasa.

“Surat telah disampaikan ke Bupati. Dan telah direspon… Tinggal menunggu kerja nyata dari bawahan,” Kata Ketua KPU Lord CH Malonda.

Adapun sesuai jadwal tengah berlangsung Rapat pleno Penghitungan Suara di Tingkat Kecamatan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK).

( Ody)

(Visited 145 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *