Gubernur Olly: Persiapkan Diri untuk Memasuki Era Industri 4.0, 250 Ribu Tenaga Kerja Baru Ada di Daerah Bitung dan Likupang

Foto: Ilustrasi.

Di daerah Bitung dan Likupang (Minahasa Utara), lima tahun ke depan ekonominya sudah berjalan dengan baik. Disana membutuhkan 250 ribu tenaga kerja baru, untuk mengisi lapangan kerja di bidang Jasa Pariwisata dan Industri.


SulutPos.com, Manado – Visi Misi Presiden waktu periode pertama adalah mempercepat Infrastruktur untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Periode ke dua, Visi Misi Presiden adalah untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey
Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey.

Hal ini disampaikan oleh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, saat menghadiri penamatan 909 siswa kelas XII SMA Negeri 1 Manado angkatan ke-56 yang digelar di Auditorium Mapalus Kantor Gubernur, Selasa 14 Mei 2019.

Menurut Gubernur Olly, Visi Misi Presiden itu, haruslah disambut dengan baik, karena sudah menjadi tugas kita semua, “Pemerintah dan tentunya para siswa/siswi agar dapat mempersipakan diri dalam rangka Era 4.0,” kata Gubernur Olly.

Lebih lanjut Olly menambahkan, bahwa sudah menjadi tugas kita semua untuk mempersiapkan generasi penerus yang ada di Sulut, khususnya demi bangsa dan negara.

“Dari faktor ekonomi dan industri, di daerah Bitung dan Likupang (Minahasa Utara), lima tahun kedepan sudah berjalan dengan dengan baik. Disana membutuhkan 250.000 tenaga kerja baru, untuk mengisi lapangan kerja di bidang Jasa Pariwisata dan Industri,” terang Olly.

Lima tahun kedepan, lanjut Gubernur Olly, harapan Presiden dan Pemerintah Provinsi Sulut, agar generasi muda Sulut dapat mengambil kesempatan itu.

“Persiapkan diri anda, jangan peluang yang ada lepas begitu saja. Karena itu persiapkan diri anda mulai dari sekarang,” harap Olly.

Sementara itu, Kepala sekolah SMA Negeri 1 Manado, Dra Sherly Kalangi MSi mengatakan, kita patut memberikan support bagi pemerintah Sulawesi Utara yang sudah memberikan kesempatan pertama kali bagi SMA Negeri 1 Manado untuk menggunakan tempat ini.

Ditambahkannya, SMA Negeri 1 Manado sudah melaksanakan UNBK berbasis komputer secara mandiri,  “Ini semua bisa terlaksana berkat bantuan pemerintah provinsi Sulawesi Utara dengan memberikan bantuan,” kata Kalangi.

Untuk diketahui Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan, dan komputasi kognitif. Industri 4.0 menghasilkan “pabrik cerdas”.

(marten alow)

(Visited 426 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *