Korut Tuduh AS Rampok Kapalnya

Foto: Kapal pengangkut batu bara milik Korea Utara “Wise Honest” yang ditangkap oleh pihak berwenang AS, 9 Mei 2019. (Foto: dok). AP


SulutPos.com, Washington – Korea Utara menuduh Amerika Serikat melakukan perampokan dan menuntut pengembalian segera kapal barang yang disita karena diduga melanggar sanksi internasional.

Kantor berita resmi KCNA mengatakan dalam sebuah pernyataan Selasa (14/5), “Amerika Serikat harus dengan hati-hati mempertimbangkan konsekuensi apa yang akan terjadi dalam situasi saat ini akibat perampokan yang mereka lakukan dan harus segera mengembalikan kapal kami.”

Amerika Serikat mengatakan Korea Utara telah menggunakan kapal itu untuk mengekspor batu bara yang melanggar sanksi internasional.

Penyitaan itu, yang pertama kali dilakukan oleh Amerika Serikat, semakin mempertegang hubungan dengan Korea Utara, yang tampaknya memasuki kembali masa permusuhan setelah perundingan nuklir selama satu tahun.

Dalam beberapa minggu terakhir, Korea Utara telah melanjutkan uji coba rudal balistik setelah menahan diri selama satu setengah tahun.

Para pejabat Amerika mengabaikan tiga uji coba rudal jarak pendek itu, dan mengatakan pintu tetap terbuka untuk pembicaraan dengan Korea Utara. [lt]

VOA News

(Visited 67 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *