PM Inggris akan Mengundurkan Diri Terkait Kesepakatan Brexit

Foto: Perdana Menteri Inggris, Theresa May memberikan keterangan kepada pers di 10 Downing Street, London, Inggris, 24 Mei 2019. AP


SulutPos.com, Washington – Perdana Menteri Inggris Theresa May mengatakan ia akan mengundurkan diri sebagai perdana menteri negara itu, setelah tiga kali gagal meyakinkan para anggota parlemen untuk mendukung kesepakatan Brexit.

Dengan suara tercekat, ia mengatakan, “Jelas bagi saya bahwa demi kepentingan terbaik negara, perdana menteri baru akan memimpin upaya itu.”

Ia juga mengumumkan akan mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif dan Unionis pada hari Jumat tanggal 7 Juni.

Proses memilih ketua baru partai, yang kemudian akan menjadi perdana menteri, akan dilakukan pada pekan berikutnya.

Dalam pernyataan di luar kediaman resmi perdana menteri di Downing Street, May mengatakan “ini telah dan akan selalu menjadi hal yang disesali secara mendalam” olehnya karena ia tidak mampu mewujudkan Brexit.

Pengunduran diri May memicu persaingan untuk menjadi perdana menteri mendatang Inggris, yang oleh May diharapkan berhasil dalam upaya yang ia sendiri gagal melakukannya. [uh]

 

Britain’s Prime Minister Theresa May announced her resignation Friday, plunging the country deeper into chaos as it tries to negotiate its exit from the European Union. As Henry Ridgwell reports, the race to become her successor will begin June 7.

VOA News

(Visited 171 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *