BBGRM Tingkatkan Budaya ” Baku Bae Deng Baku Bantu “

Sulutpos.com,Ratahan – Nilai-nilai goyong royong yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat Kecamatan Ratahan Timur harus dilestarikan guna memperkokoh komitmen untuk mendukung pembangunan.

Hal tersebut disampaikan Camat Ratahan Timur, Dra. Johana Untu, MM, dalam acara Penutupan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tingkat Kecamatan Ratahan Timur di
Desa Wioi 2, Jumat (13/6), yang turut dihadiri oleh Para Hukum Tua/Pnj Hukum Tua, Perangkat Desa, BPD, Tim Penggerak PKK, Karang Taruna dan LPMD.

Lebih Lanjut Untu, mengungkapkan gotong royong sebagai modal sosial yang dimaknai dalam bentuk kerjasama dengan berbagi peran dan tugas sehingga dalam mengerjakan tugas harus dengan bahu membahu, memikul beban secara bersama sebagai bentuk pemberdayaan diri secara kolektif.

” Semua elemen dan lembaga masyarakat yang ada di Ratahan Timur diharapkan terus bahu membahu serta bergotong royong mendukung untuk suksesnya program pembangunan yang sedang dan akan dilaksanakan oleh pemerintahan Bupati James Sumendap, SH,” Kata Camat sambil meminta tingkatkan peran lembaga Masyarakat sebagai Mitra Pemerintah.

“Untuk itu dengan adanya Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) kita tingkatkan peran lembaga masyarakat sebagai mitra pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat, dengan Baku baku Bae dan Baku baku Bantu” ujarnya usai kegiatan Jalan Sehat dan Senam Sehat.

Sekretaris Kecamatan Ratahan Timur, Arce Kalalo, SH, pun me mengungkapkan agar Gotong Royong bukan hanya dijadikan sebagai slogan atau sebatas kata-kata saja.

” Ini harus dibuktikan dan di implementasikan dalam kehidupan sehari hari,” Kata Sekcam Arce Kalalo

Menurut Kalalo, Gotong Royong harus diwujudkan dalam sebuah tindakan yang nyata, karena Gotong Royong merupakan kekuatan dan modal sosial dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam menatap masa depan yang lebih baik.

“Diharapkan dengan momentum Bulan Bhakti Gotong Royong yang telah kita laksanakan dapat dijadikan wahana untuk kembali mengingatkan dan menanamkan kepada seluruh masyarakat, akan arti penting dan manfaat budaya Gotong-Royong di dalam kehidupan sehari-hari”Pungkasnya yang saat itu didampingi Kasie PMD Kecamatan, Irwan B. A. Poli, SIP.( Ody)

(Visited 34 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *