Jutaan Orang Menderita Kemiskinan Parah Akibat Perubahan Iklim

Foto: Seorang perempuan Kasmir mengumpulkan kacang berangan dari bagian Danau Wular yang kering di Srinagar, India, 29 Oktober 2016. AP


SulutPos.com, Washington – Seorang pakar kemiskinan di PBB mengatakan ratusan juta orang di seluruh dunia menghadapi bahaya kelaparan, pengungsian, penyakit dan kematian karena perubahan iklim.

Dalam laporan yang dikeluarkan pada Selasa (25/6), pakar independen tentang kemiskinan parah dan HAM, Philip Alston, mengatakan langkah-langkah untuk mengatasi pemanasan global saat ini jauh dari yang sedianya perlu dilakukan.

Alston, yang juga pakar hukum di Australia, memperkirakan konsekuensi mengerikan dalam skenario kasus terbaik sekali pun.

Alston mengatakan kepada Dewan HAM PBB di Jenewa bahwa ekonomi dunia membutuhkan “perubahan mendasar’’ dari bahan bakar fosil, yang dinilai telah menjadi penyebab utama efek rumah kaca buatan manusia.

Alston menambahkan dampak perubahan iklim pada hak asasi belum mendapat perhatian, “tetapi hal ini merupakan keadaan darurat tanpa preseden.’’ [em/al]

VOA News

(Visited 148 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *