Pemkab Minahasa Gandeng BPJN CS Bedah Wajah Danau Tondano

Sulutpos.com,Tondano – Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Minahasa Terus genjot perkembangan Pariwisata yang ada di Minahasa, Selain Potensi pantainya, Keberadaan Danau Tondano yang merupakan ikon kebangganpun terus di perhatikan.

Seperti terpantau wartawan Media ini, pada Kamis (19/07)dengan menggandeng Balai BPJN,Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sulut, Kepala Balai Sungai, bersama pihak Terkait jajaran Pemkab Minahasa Menggelar rapat penyelesaian pengolahan Danau Tondano dan Daerah Aliran Sungai ( DAS) dan percepatan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Minahasa yang dipimpin Bupati Minahasa Ir.Royke Oktavian Roring MSi.

” Sejak kami dilantik sampai hari ini yang menjadi konsen kami sejak awal ketika penyampaian visi-misi adalah bagaimana pelestarian danau Tondano dan setelah terpilih bersama wakil bupati mempersiapkan bagaimana langkah kita untuk pelestarian danau tondano dan bersyukur danau tondano sudah menjadi satu dari lima belas danau prioritas nasional,” Kata Bupati.

Menurut Bupati alasan mendasar pengelolaan Danau dikarenakan di tempat itu bergantung tumpuan mata pencaharian sejumlah warga Minahasa,dan keadaan Danau yang kian memburuk membawa Pemkab Minahasa berupaya melestarikannya.

” Danau Tondano merupakan sumber harkat hidup masyarakat sulawesi utara, mulai dari sumber pembangkit listrik tenaga air, supply air, irigasi, perikanan serta destinasi wisata yang sangat menjanjikan kedepan. Danau Tondano punya keistimewaan disamping memiliki pulau likri ditengahnya juga karena dikelilingi jalan nasional maupun jalan provinsi kurang lebih 48 kilometer, tidak semua danau dikelilingi jalan. Tetapi Danau Tondano mulai mengalami degradasi, penyempitan permukaan, pendangkalan, masalah kualitas air, dan pertumbuhan eceng gondok yang begitu pesat. Ini yang kami sampaikan kepada pak presiden dan mendapat tanggapan yang sangat positif, 3 program yang disampaikan langsung kepada pak presiden yaitu danau tondano, pembangunan rumah sakit dan pembangunan infrastruktur,” Jelasnya.

“Mari kita wujudkan pelestarian danau tondano ini bukan hanya untuk satu atau dua tahun kedepan tetapi untuk jangka waktu yang lama supaya betul-betul kita dapat melihat hasilnya kedepan dan kita pasti berbangga apabila dapat bermanfaat bagi anak-cucu kita,” Lanjut Bupati.

Alasan lain dari manfaat danai Tondano ini pun menurut ROR Sapaan akrabnya ini,selain potensi pariwisata dan tempat mencari nafka para nelayan, Danau tersebut merupakan penyalur listril di Minahasa dan sekitarnya.

” Mari mendesain danau tondano dimana payung besar desain destinasi pariwisata yang hasil dan arahnya untuk pestarian danau tondano yang efeknya untuk pembangkit listrik tetap lancar, pertanian dan perikanannya tetap jalan dan berbagai hal yang berhubungan dengan danau tondano tetap bisa dimanfaatkan,” Pungkasnya.

Adapun mereka yang ikut dalam pembahasan tersebut, Kepala Balai BPJN wilayah XV Sulut Triono Jundasmono, Kepala Balai Wilayah Sungai Moch Silachoeddin, Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sulut Rusian M. Nur Taib, Staf Khusus Gubernur Bidang Pariwisata Dino Gobel, Ketua ASITA Sulut Merry Karauwan, SH, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdakab Minahasa Dr. Sihar Wilford Siagian, MA, Dinas/ Instansi terkait, para camat terkait serta seluruh peserta rapat. ( Ody)

(Visited 31 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *