Chat kami sekarang

Direktur FBI: ISIS Ancaman Lebih Besar dari Al-Qaida

Foto Cover : Direktur FBI James Comey (Foto: dok/AP).


Sulutpos.com, Manado – Direktur FBI James  Comey mengatakan usaha online kelompok ISIS untuk merekrut anggota warga Amerika merupakan ancaman teror yang lebih besar terhadap Amerika daripada al-Qaida. Berbicara di Forum Keamanan tahunan di kota Aspen, negara bagian Colorado hari Rabu (22/7) malam, Comey memperingatkan tentang kampanye media sosial yang semakin gencar oleh kelompok ekstrimis itu.

“ISIS lebih berbahaya daripada al-Qaida,” kata Comey, “ISIS berkomunikasi langsung dengan masyarakat luas, melalui Twitter.” Sementara al-Qaida berhati-hati memilih para petugasnya, ia mengatakan ISIS menggunakan jaringan yang lebih luas dan bersedia merekrut “orang-orang yang kurang waras, para pengguna narkoba yang
bermasalah.”

Comey mengatakan akun Twitter yang terkait dengan ISIS mempunyai sekitar 21 ribu followers yang berbahasa Inggris, ratusan atau ribuan dari mereka berada di Amerika Serikat. FBI mempunyai ratusan penyelidikan terbuka yang melibatkan warga Amerika yang kemungkinan telah diradikalisasi dan diperintah untuk melakukan serangan teror, katanya.

Ia mengukuhkan FBI tidak melacak Muhammad Abdulazeez, orang bersenjata yang menembak mati 5 orang tentara Amerika pekan lalu di tempat-tempat militer di Tennessee. Penyidik AS belum dapat memastikan apakah Abdulazeez terinspirasi oleh kelompok militan ISIS. Keluarganya mengatakan bahwa ia menderita depresi dan menggunakan obat-obatan.

Comey mengatakan ia khawatir akan terjadi lebih banyak serangan, karena kampanye ISIS yang mendesak muslim untuk “membunuh di manapun Anda berada,” jika tidak dapat melakukan perjalanan ke Timur Tengah. Ia menambahkan bahwa kampanye perekrutan ISIS telah berkembang pesat dalam enam sampai delapan minggu terakhir.[VOA News]

(Visited 343 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *