Gelar Sosialisasi DHKP PBB-P2 Dispenda Targetkan PAD Minahasa Naik

Sulutpos.com, Tondano – Setelah beberapa bulan berdiri sendiri sebagai salah satu dinas yang ada di jajaran Pemerintahan Kabupaten Minahasa (7/7), Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) mengelar Sosialisasi penyerahan surat ketetapan pajak (DHKP)dan pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan yang di buka secara resmi oleh Bupati Minahasa Drs Janjte Wowiling Sajow Msi, di Gedung Balai peretemuan Umum Tondano.

Kegiatan yang bertujuan mensosialisasikan tentang SPPT,DHKP dan PBB P2 setiap instansi yang berkompeten guna terciptanya pelayanan prima kepada masyarakat,serta  meminimalisir permasalahan baik secara administrasi atau pelanggaran Hukum yang terjadi dalam pengolahan PBB-P2 dan BPHTB sendiri.

“Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Minahasa (sebelumnya gabung dengan Dinas Keuangan) baru saja dibentuk
beberapa bulan yang lalu sebagai organisasi perangkat daerah dan yang berikut banyaknya permasalahan baik secara administrasi atau pelanggaran hukum yang terjadi dalam pengelolaan PBB-P2 dan BPHTB dikarenakan masih kurangnya  pemahaman tentang sistem prosedur pelaksanaan ,”Ungkap Luntungan .

Lebih lanjut Luntungan menjelaskan ,melalui Sosialisasi tersebut para peserta dapat mengetahui fungsi pengelohan
PBB-P2 dan BPHTB,serta memahami aturan-aturan terkait penerapannya serta peran masing-masing yang berkompeten termasuk didalamnya Dispenda, para Camat, para Lurah/Kades serta BPN, PPAT serta Bank guna terciptanya pelayanan prima kepada masyarakat.

“Hal ini berdampak pada mendorongnya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan dapat diterima oleh wajib
pajak serta dapat memenuhi ekspektasi pemerintah daerah sebagai pengelolanya,serta secara maksimal dapat memberi kontribusi bagi pembangunan daerah  di Kabupaten Minahasa.”Ungkapnya.

Hadir dalam sosialisasi ini para perangkat Desa/Kelurahan.para Camat, Staf Bidang Penagihan, pihak Bank dan Badan Pertanahan Negara (BPN) Minahasa.[Odywaseng]

(Visited 93 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *