Chat kami sekarang

Juara di Silverstone, Rio: Berkat Start yang Sangat Baik

Sulutpos.com, Jakarta– Pembalap Indonesia Rio Haryanto kembali meraih kemenangan di GP2 Series—ajang balap mobil satu level di bawah Formula 1. Dia memenangi sprint race di seri kelima GP2 yang berlangsung di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu 5 Juli 2015.

Rio memulai balapan dari pole position. “Saya berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan start yang baik dan di sprint race tadi saya mendapat start yang sangat baik,” tutur Rio di dalam rilis kepada wartawan seusai balapan.

“Setelah itu, di awal lomba, saya juga berhasil menjauhi (Rafaelle) Marciello yang berada di posisi kedua, dengan jarak sekitar 3 detik. Saya terus berusaha untuk menjaga jarak itu dari dia,” Rio melanjutkan.

Sebagaimana dilaporkan dalam rilis resmi tersebut, Rio langsung melesat meninggalkan lawan-lawannya, bahkan sebelum masuk ke tikungan pertama. Di putaran kedua, Rio pun mencetak catatan waktu lap terbaik 1 menit 42,636 detik. Rekor itu bertahan hingga akhir balapan.

Rio akhirnya berhasil menjaga posisinya hingga putaran terakhir. Dia menyelesaikan balapan dengan total waktu 36 menit 27,949 detik. Rio membuat selisih waktu 2,4 detik dari Marciello, yang finis di posisi kedua. Di posisi ketiga, ada pembalap Red Bull, Pierre Gasly.

“Rio melesat di beberapa putaran pertama,” kata Marciello sebagaimana dikutip situs resmi GP 2. “Setelah itu, kami memiliki kecepatan yang sama karena jarak kami konstan. Tapi, dia sudah memiliki keuntungan di awal balapan.”

Di sesi feature race Sabtu 4 Juli 2015, Rio finis di posisi kedelapan dan mendapat poin empat. Dengan memenangi sprint race
kemarin, pembalap berusia 22 tahun itu mendapatkan tambahan 17 poin—ganjaran 15 poin atas kemenangannya, dan dua poin lantaran ia mencetak catatan waktu lap tercepat.  Dengan perolehan itu, saat ini Rio berada di posisi ketiga klasemen sementara GP2 Series.

Sebelumnya, Rio dua kali memenangi sprint race. Kemenangan pertama diraih di Sirkuit Sakhir, Bahrain. Sedangkan kemenangan dua dicapai di Sirkuit Red Bull Ring, Austria.  Di awal musim, Rio menetapkan target berada di lima besar klasmen akhir GP2. Kini, dia sudah berada di peringkat ketiga dan berharap bisa  mempertahankan penampilan bagusnya.

Saya berterima kasih kepada tim dan para pendukung, fans yang telah mendukung saya hingga akhirnya saya dapat finish di urutan pertama,” kata Rio. “Kemenangan ini juga kemenangan saya yang ketiga dan mudah-mudahan saya mampu terus tampil konsisten seperti hari ini.”

Pada 24-26 Juli mendatang, Rio akan menjalani balapan di Sirkuit Hungaroring, Hungaria. Menurut Rio, sirkuit ini memiliki karakter sangat berbeda dengan Silverstone. “Sirkuit di Budapest ini memiliki cukup banyak tikungan-tikungan lambat,” ujarnya. “Tahun lalu, tim Campos dengan Arthur (Pic) tampil kencang di sirkuit ini, sehingga kita punya setting­-an mobil yang baik. Saya berharap dapat tampil maksimal lagi di ronde berikutnya.”

HASIL GP2 SERI SILVERSTONE

Feature Race (Sabtu, 4 Juli 2015)

Posisi Pembalap Tim Waktu

1 Sergey Sirotkin Rapax 53 menit 13,597 detik

2 Alexander Rossi Racing Engineering 53:19,586

3 Stoffel Vandoorne ART Grand Prix 53:27,163

………

8 Rio Haryanto Campos Racing  53:39,034

Sprint Race (Ahad, 5 Juli 2015)

Posisi Pembalap Tim Waktu

1 Rio Haryanto Campos Racing 36:27,949

2 Rafaelle  Marciello Trident 36:29,874

3 Pierre Gasly DAMS 36:32,942

KLASEMEN SEMENTARA GP2

Posisi Pembalap Tim Poin

1 Stoffel Vandoorne ART Grand Prix 170

2 Alexander Rossi Racing Engineering 105

3 Rio Haryanto Campos Racing  91.

[Tempo/GMK]

(Visited 37 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *