KSAU Bantah Hercules Jatuh di Medan Kelebihan Muatan

Sulutpos.com, Jakarta – Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Agus Supriatna membantah pesawat Hercules C-130 yang jatuh di kawasan Padang Bulan Medan melebihi kapasitas angkutnya. “Enggak Melebihi  kapasitas, siapa yang bilang?” kata Agus di sela-sela persemayaman jenazah korban pesawat Hercules C-130 di hanggar Lanud Soewondo Medan, Rabu 1 Juli 2015.

Menurut Agus, pesawat angkut jenis Hercules C-130 ini mampu membawa penumpang dan barang seberat total 135 ton.  Pesawat tersebut berangkat Selasa 30 Juni 2015 karena pertimbangan muatannya sudah sesuai dengan kapasitas pesawat. “Jelaslah, kalau melebihi kapasitas, tidak boleh diberangkatkan,” kata  Agus.

Agus menegaskan musibah yang merenggut 122 nyawa itu bukan karena kelebihan kapasitas yang terlihat dari permintaan pilot Kapten Pnb Sandy Permana yang mengajukan permintaan kembali ke landasan (return to base). “Tidak ada masalah dalam kapasitas, ini jelas musibah,” kata KSAU.

Namun, KSAU mengakui adanya senjata dalam pesawat yang jatuh di kawasan Kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan itu, yang adalah peralatan untuk digunakan prajurit TNI Angkatan Darat dan TNI Angkatan Udara yang mengalami pergantian tugas. “Angkatan Darat mau aplus kan bawa senjata, Paskhas yang aplusan juga membawa senjata,” kata Agus.

Namun, perwira tertinggi TNI Angkatan Udara itu menegaskan semua senjata yang dibawa ke pesawat sudah ditemukan dan diamankan.(Antara)

(Visited 40 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *