Chat kami sekarang

Umumkan 194 Peserta Lolos, Pansel Minta Masukan Masyarakat

 Sulutpos.com, Jakarta –  Ketua Panitia Seleksi (Pansel) calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Destry Damayanti mengumumkan bahwa 194 dari 611 peserta yang mendaftar dinyatakan lolos seleksi tahap pertama.

Untuk kemudian, diwajibkan membuat makalah mengenai pribadi dan mengikuti seleksi pembuatan makalah pada tanggal 8 Juni mendatang.

Namun, Destry juga mengatakan Pansel sangat mengharapkan peran serta masyarakat dalam proses seleksi. Sehingga, mulai Sabtu (4/7) ini sampai 3 Agustus mendatang, masyarakat bisa langsung memberikan tanggapan atas nama-nama calon yang lolos seleksi.

“Kita masih punya banyak tahapan. Dari 4 Juli sampai 3 Agustus, hasil akan kami upload dalam web dan di situ kami harapkan tanggapan masyarakat dengan langsung masuk ke website www.capimkpk.setneg.go.id,” kata Destry saat jumpa pers di kantor Sekneg, Jakarta, Sabtu (4/7).

Destry menjelaskan, tanggapan masyarakat bisa langsung dimasukkan setelah membuka website pansel. Bahkan, jika memiliki barang bukti juga bisa dimasukkan didalamnya.

Selanjutnya, data atau masukan tersebut akan ditelusuri oleh tim pansel sehingga data atau bukti itu lebih akurat.

Menurutnya, partisipasi dari masyarakat dengan memberikan masukan sangat diharapkan Pansel, dengan harapan menghasilkan calon pimpinan KPK yang baik sehingga mampu mengembalikan wibawa lembaga antirasuah tersebut dan pemberantasan korupsi bisa ditingkatkan.

Tak Pengaruhi Penilaian

Hanya saja, Destry tak mampu menjawab seberapa besar tanggapan atau bukti dari masyarakat tersebut mempengaruhi penilaian pansel terhadap peserta.

“(Pengaruh) Tergantung, kadarnya berat atau tidak dan juga harus ada pembuktian. Kita kan ada asas praduga tak bersalah. (Masukan masyarakat) Ini juga bukan satu-satunya sumber kita untuk mendapatkan rekam jejak dari para calon,” ujarnya.

Menurutnya, Pansel juga akan bekerjasama dengan lembaga formal untuk melakukan penelusuran rekam jejak dari para calon, seperti PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan), Kepolisian, KPK, BIN (Badan Intelejen Negara), Kejaksaan, serta sejumlah lembaga swadaya masyarakat atau organisasi massa (ormas) yang konsen akan pemberantasan korupsi.

Seperti diketahui, Pansel sempat memundurkan batas waktu pendaftaran peserta capim KPK sampai 3 Juli kemarin.

Akibatnya, jadwal seleksi pun ikut mundur. Seleksi tahap kedua, berupa makalah dilakukan tanggal 8 Juli dan hasilnya diumumkan pada 15 juli 2015.

Kemudian, seleksi tahap ketiga, berupa profile assesment dilakukan pada tanggal 27-28 Juli 2015. Hasilnya diumumkan tanggal 12 Agustus 2015.

Selanjutnya, tes kesehatan pada 18 Agustus 2015. Tes wawancara pada 24-27 Agustus 2015. Hingga akhirnya, penyerahan 8 nama capim terplih ke Presiden, pada 31 Agustus 2015. [SP/N-8/L-8]

(Visited 48 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *