Hampir 4 Tahun Irigasi Sulu Mandek, Sentuhan Pemkab Minsel Atasi Kekeringan

Sulutpos.com,  Amurang – Program swakelola Pengairan yang digalakan Bupati christiany Eugenia Paruntu, SE melalui Dinas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Minsel, Bidang Sumber Daya Air (SDA) sangat membantu mengatasi Kekeringan di Kecamatan Tatapaan Minsel Betapa tidak, renovasi yang dikerjakan secara bertahap melalui program swakelola dari Dinas PU, sudah terlihat jelas hasilnya, sehingga kekeringan yang melanda Kecamatan Tatapaan berangsur-angsur mulai teratasi.

Generasi Muda Tatapaan mengakui, atas perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel, dibawah pemerintahan Bupati Christiany Euginia Paruntu SE, mulai dapat dirasakan oleh warga di Kecamatan Tatapaan.

“Dengan dilakukannya renovasi bendungan ini, maka akan mampu mengairi lahan persawahan masyarakat yang berada di Desa Sulu dan Paslaten, seluas 600 Hektar yang sudah hampir 4 tahun terlantar,” ujar Billy Pandey, mewakili generasi muda dan pemuda tani Kecamatan Tatapaan.

Hal ini pulah, lanjut Billy, tak lepas dari usaha dan kerja keras Hukum Tua Desa Sulu dan pemerintah Kecamatan Tatapaan dalam mengupayakan usaha perbaikan bendungan Sulpas hanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Ketika air di irigasi tidak ada, warga tidak dapat mengerjakan sawah, apalagi air irigasi ini mempengaruhi kualitas air di sumur warga, tapi, setelah bendungan diperbaiki, selain sawah terairi lagi, sumur warga sudah terisi kembali sehingga kekeringan di Desa Sulu perlahan teratasi,” sebutnya. (Fal)

(Visited 241 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *