JK: Periksa Dulu Sebelum Tetapkan Capim KPK Tersangka

Sulutpos.com, Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) mengaku tidak menyesalkan ada satu dari 19 kandidat calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang ditetapkan sebagai tersangka oleh Mabes Polri.

Hanya saja, menurutnya, seharusnya ada kejelasan terlebih dahulu sebelum mengatakan telah menetapkan sebagai tersangka. Seperti, diperiksa dahulu dan sesuai dengan bukti, serta telah berdasarkan gelar perkara (ekspose).

“Saya kira itu tersangka perlu buktinya dulu, yang diperiksa baru boleh yang bersangkutan (dinyatakan tersangka). Jangan baru belum ada diperiksa sudah diumumkan. Itu perintah presiden,” kata JK di kantor Wapres, Jakarta, Senin (31/8).

Lebih lanjut, JK mengaku belum mendapat laporan perihal capim tersangka tersebut. Demikian juga, lanjutnya, pemerintah ataupun presiden tidak bisa mengambil langkah apapun sebab belum sampai ke tangan presiden.

“Ini kan belum sampai ke presiden, (proses seleksi) baru di Pansel (Panitia Seleksi). Jika sudah sampai presiden baru bisa dievaluasi oleh presiden,” ujarnya.

Seperti diketahui, Kepala Bareskrim (Kabareskrim) Komjen Budi Waseso, pada Jumat (28/8) mengatakan satu capim KPK telah ditetapkan sebagai tersangka.

Namun, Budi enggan mengatakan siapa calon tersebut. Sebaliknya, hanya mengatakan catatan tindak pidana yang bersangkutan telah diserahkan ke Pansel.

Kemudian, hingga Senin (31/8), kepolisian belum juga merilis nama capim tersangka tersebut. Ketua Pansel,Destry Damayanti mengaku telah mendapatkan informasi perihal capim tersangka tersebut.

Bahkan, dikatakannya masuk dalam 19 kandidat yang diwawancarai oleh Pansel. Hanya saja, Destry enggan membuka identitas dari yang bersangkutan. Sebaliknya, hanya memastikan bahwa capim itu akan langsung dicoret dari daftar kandidat.

Sebelumnya, beredar banyak inisial terkait satu orang tersangka tersebut. Salah satunya JB, yang diduga mengacu pada pelaksana tugas (plt) Pimpinan KPK saat ini. [SP/N-8/L-8]

(Visited 131 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *