Menhan: Jumlah Alutsista Kopaska Akan Ditambah

Sulutpos.com, Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan), Ryamizard Ryacudu mengunjungi Markas Komando (Mako) Komando Pasukan Katak (Kopaska) di Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara (Jakut), Senin (7/9).

Ryamizard berada di Mako Kopaska untuk melihat berbagai alat utama sistem persenjataan (alutsista) dan kesiapan pasukan andalan TNI Angkatan Laut (AL).

Usai inspeksi, jenderal purnawirawan bintang empat itu mengatakan akan menambah jumlah alutsista Kopaska. Hal itu untuk memperkuat persenjataan Kopaska yang saat ini jumlahnya sangat sedikit.

“Masalah alutsista, peralatan masih banyak harus ditambah seperti tadi pasukan katak seharusnya ada 400 hanya cuma ada 20-an, itu kan terlalu kurang,” kata Ryamizard.

Dalam waktu dekat, jelas Ryamizard, pihaknya berniat menambah kekuatan Kopaska hingga separuh dari kebutuhan. Sisanya akan dipenuhi secara bertahap di tahun-tahun berikutnya.

“Saya akan tambah separuhnya dulu. Kalau 400 ya 200 dulu yang disediakan, daripada 20 mendingan 200 kan,” ujar mantan Kepala Staf Angkatan Darat ini.

Sebelum meninjau Mako Kopaska, Ryamizard melakukan inspeksi ke batalyon Intai Amfibi (Taifib) 2, Marunda, Jakut. Dia mengaku puas dengan perkembangan pembangunan kompleks militer tersebut.

“Apa yang saya lihat tadi menggembirakan saya karena kita terus mengembangkan alutsista, pasukan maupun markas,” ujarnya.

Di tempat itu, Ryamizard disambut secara meriah oleh prajurit dan petinggi TNI yang bertugas. Ryamizard bersama rombongan Kementerian Pertahanan (Kemhan) disambut dengan dentuman TNT berkekuatan 1 kilogram.

Rombongan juga disuguhi atraksi dari 500 prajurit TNI, yang tengah melakukan sejumlah latihan. Seperti terjun payung, latihan serbuan kilat mulai di darat hingga rawa-rawa, hingga aksi kendaraan tempur amfibi.

Pekan lalu, Ryamizard ‎menginspeksi alat utama sistem persenjataan (alutsista) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di Cijantung, Jakarta Timur. Kemudian menginspeksi alutsista ke Batalyon Kavaleri 1 (Yonkav 1)
dan ‎Batalyon Infanteri 201 (Yonif 201/Y), Jakarta Timur. [SP/R-14/L-8]

(Visited 61 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *