Pasangan Calon Tunggal Tetap Diberi Kesempatan Kampanye

Sulutpos.com, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) tetap akan memberikan kesempatan kepada pasangan calon tunggal untuk melakukan kampanye dalam tahapan Pilkada. Pasalnya, KPU menilia kampanye merupakan kesempatan untuk memaparkan visi-misi dan program pasangan calon kepala daerah.

“Kita tetap memberi kesempatan kepada pasangan calon tunggal untuk kampanye. Pemilih nantinya kan bisa menilai visi-misi dan program kandidat sehingga bisa menentukan pilihan,” ujar Ida di Kantor Bawaslu RI, Thamrin, Jakarta, Rabu (30/9).

Pada prinsipnya, kampanye kata Ida adalah kesempatan pasangan calon melakukan sosialisasi visi-misi dan program kepada masyarakat. KPU, katanya tetap memberikan kesempatan kepada paslon tunggal untuk kampanye untuk menarik simpati pemilih.

“Meskipun tidak ada saingan, pasangan tetap harus memaparkan visi dan misinya,” tandasnya. Sementara, terkait debat, Ida mengatakan tidak ada debat pasangan calon sebagai konsekuensi logis dari peserta pilkada yang terdiri dari satu pasangan calon.

“Kalau lebih dari satu itu kan namanya debat, tapi kalau satu paslon maka bukan debat lagi, tetapi sosialisasi visi-misi dan program saja,” jelas Ida.

Akibat putusan MK terkait paslon tunggal, tiga daerah yakni Tasikmalaya di Jawa Barat, Timor Tengah Utara di Nusa Tenggara Timur, dan Blitar di Jawa Timur bisa mengikuti pemilihan kepala daerah serentak pada 9 Desember 2015. [SP/YUS/L-8]

(Visited 200 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *