Chat kami sekarang

Penyerahan Kartu Indonesia Sehat (KIS)

Sulutpos.com, Tomohon – Program Pemerintah untuk rakyat yaitu mengenai kesehatan, pendidikan dan kesejahtraan keluarga di tuangkan dalam 3 kartu sakti yakni Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Saat ini salah satu program yang mulai disalurkan adalah Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Kartu Indonesia Sehat (KIS) merupakan jenis kartu atau program yang dimana memiliki fungsi untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis, pemegang kartu KIS dapat menggunakannya di setiap fasilitas kesehatan tingkat pertama dan tingkat lanjut. Kartu ini merupakan program yang bertujuan untuk melakukan perluasan dari program kesehatan.

Foto:Walikota Jimmy F Eman SE Ak, menyerahkan Kartu Indonesia Sehat.

Kartu Indonesia Sehat (KIS) ini merupakan sebuah nama untuk program jaminan kesehatan SJSN (JKN) yang diperuntukan bagi kalangan masyarakat Indonesia yang tidak mampu dan iurannya dibayar oleh pemerintah.

Sedangkan program jaminan kesehatan BPJS merupakan lembaga hukum publik yang tujuan pembentukannya yaitu untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan SJSN (JKN). Jadi kesimpulannya yaitu, kartu KIS adalah jenis program sementara, sedangkan BPJS merupakan badan atau lembaga yang bertugas untuk menjalankan program tersebut.

Bagi yang sudah memiliki kartu jaminan kesehatan seperti kartu ASKES, Jamkesmas, BPJS, KJS dan e-ID BPJS masih dapat dipergunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Bagi para peserta baru yang berasal dari kalangan fakir miskin , akan mendapatkan KIS secara bertahap. Setelah mendapatkan kartu tersebut, maka para pemegang kartu sudah dapat mempergunakannya sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Walikota Tomohon JimmyF Eman SE Ak, didampingi Kepala BPJS Ratna Luwas S Sos, pada hari Senin 5 Oktober 2015 menyerahkan secara langsung Kartu Indonesia Sehat yang berjumlah 12089 KIS yang dibagikan untuk seluruh masyarakat yangg ada di Kota Tomohon pada tahap pertama yang bertempat di BPU Kelurahan Kakaskasen Dua.

“Penyerahan saat itu khusus wilayah Kakaskasen yang dibagikan 7101 kartu untuk warga Kakaskasen Dua, kata kepala Cabang BPJS Minahasa,”kata Ratna Luwas yang turut memuji kepemimpinan Eman yang menurutnya Pemimpin luar biasa yang melayani kebutuhan pelayanan kepada masyarakat Kota Tomohon.

Penyerahan kartu secara simbolis diberikan kepada masyarakat dan selebihnya akan disalurkan oleh para lurah yang ada, tambah Ratna.

Selanjutnya 103 ribu penduduk akan mendapatkan pengobatan gratis dengan ditunjang infrastruktur kesehatan memadai. Tentu di tunjang dengan sarana penunjang pelayanan kesehatan seperti puskesmas, dokter ahli, tim medis yang ahli dibidangnya dan melayani kebutuhan kesehatan masyarakat.

Pemerintah Kota Tomohon memberikan perhatian kesejahteraan kepada masyarakat Kota Tomohon dengan membantu rumah layak huni melalui 10 kelompok yang mendapatkan rumah layak huni dengan rincian per kelompok Rp.10 juta dari total 500 juta yang merupakan bantuan
kementrian sosial pusat.

” Bantuan ini diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu (RTLH),” kata Kepala Dinas Kesehatan & Sosial Kota Tomohon dr. Deesje Liuw,M.Biomed.

Pemerintah Kota berharap, dengan dibagikannya kartu KIS ini dapat mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan. Begitupun dengan penyerahan bantuan rumah kepada 50 kepala keluarga yang tidak mampu yang berjumlah 500 juta merupakan bantuan dari pemerintah.
Penyuerahan rumah layak huni kepada masyarakat kurang mampu dilaksanakan secara simbolis kepada masyarakat kurang mampu. Begitu juga penyerahan Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada masyarakat yang ada di kelurahan kakaskasen Dua.

Walikota Jimmy F Eman SE Ak mengatakan bahwa penyerahan Kartu Indonesia Sehat ini merupakan penyerahan asuransi kesehatan bagi 40 ribuan masyarakat yang dicover pada dana APBD.

“Pemerintah tentu berupaya memberikan kesehatan secara gratis kepada masyarakat untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas masyarakat sehingga menopang peningkatan perekonomian publik,”ungkapnya.[***]

Press Rilis Humas Pemkot Tomohon

(Visited 260 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *