Aktivitas Gunung Soputan Menurun, BPBD Minsel Bantu Pengadaan Air Bersih di Mitra

Sulutpos.com, Amurang – Aktivitas Gunung Soputan pada Rabu 6 Januari menurun dibandingkan dua hari sebelumnya.

Menurut informasi yang diperoleh dari pihak pemantau, bahwa Gunung yang terletak antara Kabupaten Minahasa Tenggara dan Minahasa Selatan pada Rabu 6 Januari, sesuai data sismik rekaman seismogram menunjukkan penurunan dibandingkan rekaman pada Selasa 5 Januari malam.

Kendati demikian tidak menutup kemungkinan bisa naik lagi ataupun turun drastic. Dari visual juga hanya teramati kepulan asap tekanan sedang kalau disbanding lebih dominan hari sebelumnya.

Adapun dari letusan gunung soputan pada senin dan selasa kemarin, semburan abu vulkanik sebagian besar mengarah ke kabupaten Minahasa Tenggara, dan sebagian beberapa desa di kabupaten Minahasa. Sementara beberapa desa di Minahasa Selatan yang berdekatan dengan gunung soputan hingga Rabu 6 Januari ini tidak sampai menerima dambak semburan abu vulkanik.

Kepala BPBD Minsel Handrie Komaling mengatakan, kendati Minahasa Selatan tidak terkena dampak dari letusan gunung soputan, namun sebagai kebersamaan sesama instansi dan daerah tetangga, maka pihaknya akan memberikan bantuan ke kabupaten Minahasa Tenggara berupa pengadaan air bersih, yang sedianya akan dilakukan pada Kamis 7 Januari besok.

Seperti diketahui, aktivitas Gunung Soputan beberapa hari lalu meningkat, dan terjadi letusan pada Senin malam dan Selasa pagi kemarin. Dari letusan tersebut, gunung berapi ini mengeluarkan abu vulkanik dengan ketinggian mencapai 6,5 Kilo Meter, sehingga menyebabkan beberapa wilayah di Minahasa Tenggara dan sebagian Minahasa dilanda hujan abu vulkanik. (Andre Dotz)

(Visited 185 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *