Chat kami sekarang

Hari-hari Libur Nasional 2016

Sulutpos.com, Tomohon – Meskipun baru saja memasuki Tahun Yang Baru 2016 bagi seluruh warga masyarakat yang memiliki beragam profesi dalam aktivitas sehari-hari, tetapi penting bagi kita semua untuk mengetahui hari-hari libur Nasional untuk Tahun 2016.

Bagi anda para pekerja di perusahan, BUMN, BUMD, baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun pegawai swasta, perlu mengetahui bahwa di tahun 2016 ini, pemerintah telah menetapkan 19 hari libur nasional dan cuti bersama.

Hal ini untuk memudahkan bagi kita semua dalam merencanakan agenda kerja dan kegiatan lainnya dalam  setiap organisasi pemerintahan dan lembaga lainnya. Ini untuk efektivitas dan kreativitas kerja masing-masing yang nantinya akan kita jalani bersama masupun sebagai individu. Begitupun dengan rencana untuk penyusunan jadwal liburan bersama keluarga dan kerabat bisa disiapkan jauh-jauh hari sebelumnya.

Selanjutnya untuk jadwal libur nasional dan cuti bersama ini telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri yaitu; Menteri Agama, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dan Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK). Perincian lengkapnya: sebanyak 15 hari libur nasional dan 4 hari cuti bersama.

Jumlah libur nasional dan cuti bersama ini pada dasarnya sama dengan Tahun 2015. Namun bila dilihat lebih detail lagi, libur dan cuti bersama kali ini bertepatan dengan akhir pekan, sehingga kemungkinan besar bakal lebih panjang lagi.

Misalnya, untuk libur Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 6-7 Juli (Rabu-Kamis). Pemerintah telah menetapkan cuti bersama pada tanggal 4,5 dan 8 Juli (Senin-Selasa dan Jumat). Tapi kalau melihat kalender, untuk PNS ternyata sudah libur sejak tanggal 2 Juli (Sabtu).

Sehingga total libur Lebaran sebanyak 9 hari berturut-turut, mulai tanggal 2,3,4,5,6,7,8,9,10 Juli (Sabtu-Minggu-Senin-Selasa-Rabu-Kamis-Jumat-Sabtu-Minggu). Selain itu banyak lagi libur nasional yang bertepatan dengan hari libur. Paling dekat libur nasional Imlek pada 8 Februari nanti yang jatuh pada hari Senin. Artinya, untuk PNS bisa libur selama tiga hari berturut-turut sejak 6,7,8 Juli (Sabtu-Minggu-Senin).

Tentu dengan dikeluarkannya keputusana bersama tiga kementerian yang telah mengatur hari-hari libur nasional dan cuti bersama ini, tentu akan memberikan ruang gerak yang sangat baik bagi peningkatan kinerja melalui adanya waktu-waktu senggang yang dapat dimaksimalkan untuk membangun karakter yang solid dengan melakukan serangkaian pembekalan yang terfokus dalam kerja sama dan kerja tim.

Seperti yang disampaikan Kabag Humas Dan Protokoler Pemkot Tomohon, FF Lantang SSTP.Dikatakannya, hal ini
dapat terwujud melalui kegiatan kebersamaan dan keakraban dalam suatu unit kerja yang telah direncanakan dengan sebaik-baiknya dengan dukungsan dan topangan dana adan anggaran yang memadai.

“Bagi Pemerintah Kota Tomohon, Tahun 2016 ini menjadi Tahun Kinerja dan pelayanan yang optimal bagi seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara didalamnya masyarakat luas, untuk melakukan lompatan-lompatan yang besar dalam menghasilkan karya indah yang nantinya bermuara pada peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan  masyarakat dengan terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan ekonomi dan mendasar dalam masyarakat,” Kata Kabag Humas dan Protokoler Pemkot Tomohon, FF Lantang SSTP.

Pemerintah Kota, lanjutnya, mengajak seluruh komponen masyarakat untuk terus berkarya dalam wujud kerja yang efektif dan efisien guna mencapai hasil yang optimal, sehingga mendongkrak peningkatan pendapatan dan perekonomian keluarga, saatnya kembali bekerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas.

“Kegiatan  diawali doa dan ucapan syukur kepada Tuhan, selamat berkarya di Tahun 2016, Tuhan Memberkati Kota Tomohon dan Memberkati Kita semua,” kata Kasubag Humas Djufry Rorong S Sos menambahkan.[Stenlypondaag]

(Visited 166 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *