Chat kami sekarang

Parengkuan : Jangan Buang Sampah Sembarangan

Sulutpos.com, Tomohon – Jangan Buang Sampah Sembarangan ! Peringatan keras dan tegas disampaikan Penjabat Walikota Tomohon Drs Sanny James Parengkuan MAP kepada seluruh masyarakat Kota Tomohon dan
sekitarnya, agar tidak membuang sampah sembarangan atau membuang sampah dari kendaraan di Kota Tomohon.

Hal ini menindak lanjuti upaya keras Pemerintah Kota Tomohon untuk terus menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekitar yang nantinya akan berimplikasi langsung pada kesehatan dan peningkatan kreativitas dan inovasi masyarakat Kota Tomohon, yang selanjutnya akan berdampak pada perekonomian masyarakat.

Parengkuan menegaskan bahwa kendaraan yang didapati membuang sampah sembarangan ketika melewati wilayah Kota Tomohon, tentu akan di tindak secara hukum. Penjabat Walikota juga mengingatkan apabila mendapati ada Kendaraan Dinas Pemerintah Kota Tomohon yang sengaja membuang sampah dari kendaraan dinas, maka kendaran dinas tersebut akan di tarik dari penggunaan dinas tersebut, siapapun penggunanya.

” Sebagai aparatur Pemerintah tentu harus menjadi contoh dan teladan yang baik bagi seluruh masyarakat dalam segalah hal termasuk menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan, bukan sebaliknya. Hal ini juga untuk menyikapi adanya salah satu kendaraan dinas yang membuang sampah dari dalam kendaraan, tentu sangat disesalkan,” Kata Parengkuan.

Oleh karena itu  Penjabat Walikota Drs Sanny James Parengkuan MAP sangat mengharapkan pengertian dari seluruh masyarakat Kota Tomohon maupun para pendatang dan pengemudi yang melewati wilayah Kota Tomohon
agar tertib berlalulintas untuk keselamatan dan tidak seenaknya membuang sampah sembarangan dari dalam  kendaraan anda.

Sebab menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama sebagai orang beragama. Upaya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan selaras dengan upaya pemerintah Kota Tomohon untuk kembali meraih predikat Kota Sehat di Tahun 2016 pada jenjang yang lebih tinggi yaitu Swasti Saba Wistara (Pengembangan) setelah sebelumnya telah meraih Swasti Saba Padapa (Pemantapan) dan Swasti Saba Wiwerda (Pembinaan),” Jelas Parengkuan.

Sekaligus untuk menciptakan Kota yang bersih aman dan nyaman, lanjut Parengkuan, sehingga akan terus menjadi tujuan wisata andalan bagi para wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara dan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Selanjutnya masyarakat diminta untuk memperhatikan pengloahan sampah dan jam-jam buang sampah serta menggunakan tempat-tempat sampah yang telah ada dan disiapkan Pemerintah Kota untuk mempermudah proses pembuangan sementara yang selanjutnya akan diangkut oleh kendaraan sampah sesuai jadwal yang ada. Tentu sangat diharapkan pengertian dan kerjasama yang baik dari seluruh masyarakat Kota Tomohon, tambah parengkuan.

Kepala Dinas Tata Ruang, Pertamanan dan Persampahan Kota Tomohon (Distarumansa) Drs. O.D.S Mandagi sangat mengharapkan agar masyarakat tidak lagi membuang sampah pada saluran air, dilahan yang kosong, pekarangan orang lain maupun di jembatan-jembatan, seperti di jembatan yang ada di Jalur lingkar Barat antara Kelurahan Kakaskasen dan Kelurahan Kamasi yang bukan tempat pembuangan sampah.

” Sebagai masyarakat Kota religius, mari kita budayakan cinta lingkungan dan jadikan Kota Tomohon Bersih Indah dan Nyaman bagi semua orang. Karena budaya bersih dan budaya membuang sampah pada tempatnya adalah gaya hidup orang Tomohon yang cerdas dan merupakan salahsatu perwujutan orang Beriman,”kata Mandagi.[Stenly Pondaag]

(Visited 168 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *