Tambang Batu Galian C Jadi Penentu Kenaikan PAD di Dinas ESDM

Sulutpos.com, Tondano – Banyaknya terobosan yang di ambil guna memajukan suatu Daerah yang dipimpin, hal tersebut terlihat dalam kepemimpinan Drs Janjte W Sajow Msi, selaku Bupati, serta Wakil Bupati Ivan Sarundajang.

Foto : Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Minahasa, Drs Donald Wagey.

Dampak kebijakan yang positif itupun berlaku di setiap SKPD yang ada, salah satunya Dinas Energi  dan Sumber Daya Mineral, yang dari tahun ke tahun terus memperlihatkan peningkatanya, Pendapatan Asli Daerah (PAD) naik dengan signifikan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Minahasa, Drs Donald Wagey.

Menurut Wagey, kenaikan PAD ini hanya di ambil dari sektor pertambangan bebatuan atau Galian C, dimana Sejak Tahun 2012 Dinas ESDM Minahasa mengawali PAD dengan capaian 2 Milyar 190 juta Rupiah, berikutnya, Pada tahun 2013 naik menjadi 2 Milyar 661 Juta Rupiah, pada tahun 2014 menjadi 3 Milyar 600 juta, dan pada tahun 2015 PAD Galian C mencapai 4 Milyar Rupiah.

” Untuk menaikkan PAD tersebut banyak upaya yang sudah dilakukan oleh Dinas
ESDM, diantaranya, merangkul seluruh Pengusaha agar dapat mengurus ijin Pertambangan, sehingga pada tahun 2015 sudah tercatat hampir 30 pengusaha Galian C, yang sudah resmi dan beroperasi di Minahasa,” ujar Wagey.

Dengan kenaikan Hasil PAD ini, otomatis berdampak pada kemakmuran warga Minahasa sendiri, baik perbaikan dan pembangunan sarana infrastruktur.[NoldiOdyK]

(Visited 79 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *