Musrenbang Kecamatan Tomohon Utara

Sulutpos.com, Tomohon – Forum antar para pelaku pembangunan dalam rangka menyusun rencana kerja pembangunan daerah khususnya di Kecamatan Tomohon Utara untuk Tahun 2017  yang akan datang, telah diawali dengan Musrenbang tingkat Kelurahan dan saat ini dilaksanakan di tingkat Kecamatan.

Tujuannya, untuk mendapatkan masukan dalam menyusun RKPD (Rencana Kerja Pembangunan Daerah) Kota dan sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan kecamatan dengan program prioritas SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) yang memerlukan dukungan pendanaan baik yang bersumber dari APBD Kota, APBD Provinsi maupun APBN.

Pelaksanaan musyawara ini menjadi media interaktif bagi segenap stakeholders kecamatan untuk menetapkan program dan kegiatan kecamatan serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program dan kegiatan tahun anggaran berikutnya. Dengan membangun komitmen bersama diantara para pemangku kepentingan dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas, transparan dan akuntabel.

” Hal ini menjadi tolak ukur akuntabilitas, profesionalisme dan bobot pelayanan publik dewasa ini. Sebab perencanaan pembangunan yang tidak transparan dan akuntabel akan menimbulkan pencitraan yang negative terhadap kualitas pelayanan aparatur pemerintah  kata,”  Camat Tomohon Utara, Aneke Tuegeh SE.

Kita patut berbangga, lanjut Tuegah, dengan capaian Pembangunan yang telah dilaksanakan bersama oleh Pemerintah Kecamatan Tomohon Utara bersama masyarakatnya, telah menunjukkan berbagai perubahan dan capaian yang lebih baik antara lain peningkatan penerimaan pajak bumi dan bangunan (PBB-P2) tahun 2015, predikat Kota Sehat, peningkatan insentif bagi perangkat dan linmas serta sukses dalam pelaksanaan Pilkada Kota Tomohon.

Dalam Musrenbang ini terdapat sepuluh kelurahan yang mengusulkan prioritas pembangunan di Tahun 2017 yaitu pemantapan birokrasi dan tata kelola, infrastruktur, lingkungan hidup dan penanggulangan bencana, pertanian dan ketahanan pangan, pendidikan, keagamaan, kesehatan, pariwisata dan kebudayaan, mendorong iklim investasi dan usaha, penanggulangan kemiskinan dan ekonomi kerakyatan.

Begitu juga dengan permasalahan dan isu strategis yakni kebiasaan masyarakat yang membuat bangsal menggunakan badan jalan sehingga menggangu kelancaran arus lalulintas, terjadinya alih fungsi lahan persawahan untuk usaha dan pemukiman, banyak jalan buntu, tidak memiliki SMA/SMK negeri, penguasaan tanah secara berlebihan oleh beberapa orang, kesadaran masyarakat yang kurang dalam pengelolaan sampah karena masih membuang sampah di saluran air atau membuang sembarangan, rencana pemekaran kecamatan dan kelurahan, banyaknya lahan tidur dan rawan pencurian.

Musyawara Rencana Pembangunan (Musrembang) di Kecamatan Tomohon Utara yansg dilaksanakan pada hari ini Selasa (2/2/16), di Balai Pertemuan Umum Kelurahan Kayawu, diahdiri oleh para kepala SKPD diantaranya Kadisnaker Drs. Daniel Pontonuwu dan Kepala Badan Narkotika AKBP Nico Pangemanan. Musrenbang ini juga di hadiri para anggota DPRD yakni PHK Pungus, Frets Keles ST dan Erens Kereh.

Mewakili anggota DPRD Erens Kereh mengatakan hasil reses DPRD Kota Tomohon dimasukkan dan disinkronkan di Bappeda untuk di tindak lanjuti dalam Musrenbang tingkat Kota.

Perwakilan masyarakat yang ada mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi atas kepedulian dan kehadiran para anggota DPRD Daerah Pemilihan Kecamatan Tomohon Utara. Oleh karena itu tugas selanjutnya dari para anggota DPRD serta perwakilan dari masyarakat adalah mengawal aspirasi dan usulan-usulan warga Tomohon Utara dalam Musrenbang Kecamatan bisa dikawal melalui lembaga legislative kata sebagian masyarakat yang hadir.

Agar supaya program-program yang nantinya dilaksanakan, harus benar-benar dinikmati dan dirasakan untuk kepentingan rakyat. Makanya, kehadiran para anggota legislatif dalam musrenbang tersebut, dapat terus mengawal aspirasi warga Kecamatan Tomohon Utara, terlebih program-program pro rakyat. Selanjutnya para anggota DPRD yang hadir mengatakan bahwa sudah menjadi kewajiban kami sebagai anggota dewan dapil Tomohon Utara. Jadi apa yang disampaikan para tokoh masyarakat dan tokoh agama kami siap jalankan dalam mengawal kepentingan rakyat.[Stenly Pondaag]

(Visited 113 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact us
1
Hello
Ada yang bisa kami bantu?