Chat kami sekarang

Pihak Bulog Pastikan Beras yang Tersalur Berkualitas Baik

Sulutpos.com, Tondano – Bupati Minahasa, Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, diwakili oleh Asisten II Sekdakab Dr SW Siagian MA membuka Rapat Koordinasi dan Monitoring Pelaksanaan Bantuan Masyarakat Miskin di Minahasa, pada Selasa (16/2/2016), di Ruang Sidang Kantor Bupati, Tondano.

Kegiatan yang diikuti oleh para Camat, Lurah dan Hukum Tua se-Minahasa ini diawali dengan Laporan Kabag Adm Perekonomian Setdakab, Philip Siwi SE dan turut dihadiri oleh Kepala Perum Bulog Divre Sulut Gorontalo, Sabarudin Amrulah, dengan Nara Sumber Kabid Pelayanan Publik Bulog Ramadan Ruding dan Inspektur Kabupaten Minahasa Frits R Muntu SSos, Kaban BPMPD, Djefry Sajow SH dan Kadis Sosial Royke Kaloh SH selaku Tim Koordinasi Raskin Minahasa.

Dalam sambutan Bupati melalui Asisten SW Siagian menyebutkan bahwa Program Raskin merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin.

“Berdasarkan Keputusan Gubernur Sulut Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Pagu Program Subsidi Beras bagi Masyarakat Berpendapatan Rendah di Provinsi Sulut 2016, Minahasa memperoleh pagu Raskin sebanyak 3.987.900 kg dengan Rumah Tangga Sasaran (RTS) 21.655 Keluarga yang akan menerima Raskin selama 12 bulan”, katanya.

Ditambahkannya bahwa untuk mencapai keberhasilan pelaksanaan Raskin, diukur berdasarkan tingkat pencapaian indikator yaitu; Tepat Sasaran, Tepat Jumlah, Tepat Harga, Tepat Waktu, Tepat Administrasi dan Tepat Kualitas.

Selain itu pengelolaan Raskin didasarkan pada prinsip Keberpihakan RTS-PM, dimana RTS-PM memperoleh beras berkualitas baik, cukup sesuai alokasi dan terjangkau; Transparansi; Partisipatif, dan Akuntabilitas, ungkapnya.

Yang menjadi pembahasan utama dalam Rakor itu tentang penyaluran Raskin di Minahasa yang semakin membaik, dimana menurut laporan BULOG realisasi tahun 2015 mencapai 100%, walaupun masih terdapat piutang harga tebus raskin sebesar Rp 27.232.000,- pada 4 Desa/1Kelurahan.

Di tempat terpisah, usai kegiatan Sabarudin Amrulah, mengatakan pihaknya sanggat mengapresiasi akan pemerintah kabupaten Minahasa yang selalu berkoordinasi dengan pihak Bulog, sehingga bantuan penyaluran Raskin ini berjalan dengan baik.

“Kami terus berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten Minahasa, dan terus berusaha memberikan beras medium yang berkualitas,namun jika nanti dalam penyaluran di dapati ada beras yang tidak baik,maka kami bersedia me gantinya,asalkan langsung di beritahukan,sebelum di salur ke masyarakat,” ujarnya.

Hal senadapun di katakan Kabag Perekonoian,Philip Siwi SE,yang di mana akan mendampingi pihak bulog di saat nanti akan mengadakan penyaluran, “Kami akan mendampingi pihak bulog mulai dari Gudang tempat penampungan sampai ke pendistribusian di tingkat kecamatan,” ungkap Siwi.

Mengenai 4 Desa dan 1 kelurahan yang menungak pembayaranya, Philip nengatakan pihaknya akan terjun langsung dan menanyakan kendala yang di alami, sehingga bisa ada peninggakan pembayaran, “kami akan menelusuri permasalahn peningakan ini,apakah karena masyarakatnya kurang mampu untuk membayar atau ada faktor yang lainya,dan jika sampai tanggal 20 bulan ini tunggakan tidak di lunasi otomatis desa dan keluran yang menunggak belum akan menerima bantuan beras,” tegasnya.(Odywaseng)

(Visited 72 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *