Industri Gula Kelapa Siap Dikembangkan di Minsel

Sulutpos.com, Amurang – Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) merupakan salah satu daerah yang akan mengembangkan industri gula kelapa. Hal tersebut sesuai hasil Pertemuan antara Bupati Christiany Eugenia Paruntu,SE dengan investor Petrus Chandra, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Sulaiman Agusto,SIP, Kepala Balai Penelitian Palma Dr. Ismael Maskromo, Msi, Dandenpom Manado Letkol CPM Maikel Sopacua, di Ruang Frangypani Hotel Sintesa Peninsula, Rabu 16 Maret 2016.

Pertemuan antara Bupati Christiany Eugenia Paruntu,SE dengan investor Petrus Chandra, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Sulaiman Agusto,SIP, Kepala Balai Penelitian Palma Dr. Ismael Maskromo, Msi, Dandenpom Manado Letkol CPM Maikel Sopacua di Ruang Frangypani Hotel Sintesa Peninsula, Rabu 16 Maret 2016.
Pertemuan antara Bupati Christiany Eugenia Paruntu,SE dengan investor Petrus Chandra, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Sulaiman Agusto,SIP, Kepala Balai Penelitian Palma Dr. Ismael Maskromo, Msi, Dandenpom Manado Letkol CPM Maikel Sopacua, di Ruang Frangypani Hotel Sintesa Peninsula, Rabu 16 Maret 2016.

Menurut Kabag Humas dan Protokol Setdakab Minsel Franky Mamangkey, yang turut serta mengikuti pertemuan tersebut, bahwa dalam pertemuan yang juga dihadiri para peneliti kelapa dari Balitpalma ini, menyatakan akan dikembangkan Industri Gula Kelapa di Sulut khususnya di Kabupaten Minahasa Selatan.

“Pada intinya mengembalikan kembali kejayaan nyiur melambai melalui Gula kelapa berdasarkan Potensi kelapa yang ada di Minsel,” kata Mamangkey.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Tetty Paruntu yang dikenal handal dalam hal menggaet investor, berharap bahwa berdasarkan pertimbangan tersebut maka perlu mengatur tentang kerjasama pemerintah daerah dengan Badan Usaha Swasta dalam pengelolaan potensi daerah, sembari Bupati dua periode ini berterima kasih kepada para Investor dengan penuh kesediaan berinvestasi di Kabupaten Minsel.

Bupati Tetty Paruntu menambahkan bahwa melalui pengembangan potensi gula kelapa ini, otomatis kembali akan meningkatkan kesejahteraan petani kelapa, bahkan memperluas areal perkebunan kelapa, yang nantinya masyarakat petani akan menerima bibit kelapa secara gratis sebagaimana upaya kerjasama antara pemerintah dengan pihak swasta.

“Berbagai upaya yang dilakukan pemerintah ini, semata-mata demi kemajuan dan peningkatan kesejahteraan para petani kelapa di Minsel,” Tutur Bupati Tetty sapaan akrab.

Adapun rencana pengembangan industri gula kelapa ini, mendapat respon positif masyarakat Minsel, khususnya para petani kelapa. Upaya Bupati Tetty Paruntu tersebut dinilai merupakan bentuk keseriusan seorang pimpinan yang dipilih rakyat, yang benar-benar ingin mengembalikan kejayaan Nyiur Melambai yang belakangan ini seakan hanya sebatas slogan. Dan dengan upaya tersebut pula, kiranya mampu mendongkrak harga jual kelapa di Minsel, demi kesejahteraan para petani kelapa.[Andre Dots]

(Visited 550 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *