Petani Susah Dapatkan Bibit Benih Padi, Harga Beras Di Minahasa Meningkat

Sulutpos.com, Tondano – Meningkatnya Harga Beras di Pasaran yang membuat banyak pengeluhan Masyarakat ini ternyata di karenakan masih kurang hasil panen Padi dari petani yang ada di minahasa.

Dan salah satu hal paling memprihatinkan sampai saat ini masih banyak Petani tengah kewalahan mencari Bibit Benih Padi untuk di tanam, apalagi saat di perhadapkan pada musim kemarau tahun lalu yang ternyata masih berimbas sampai saat ini.

Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Minahasa Ir Refli Mambu ketika di konfermasi wartawan Sulutpos.com, di ruang kerjanya pada (14/03) siang tadi membenarkan akan hal ini.

Menurut Mambu di samping kurangya Penangkar Benih yang ada di Minahasa juga masih banyak petani yang ternyata belum mengerti dalam mengelolah akan jenis padi Hibrida Bantuan Pemerintah.

“Memang kita mengakui di Minahasa masih kurang Penangkar benih yang bisa menampung akan kebutuhan para petani khususnya padi sawah,di samping itu pula dampak kekeringan yang terjadi di tahun yang lalu masih berimbas sampai saat ini karena sebagian besar para Petani ketika mendapakan hasil panenya yang pertama itu belum diproduksi sebagai Beras untuk Konsumsi ataupun di perjual belikan namun di pakai sebagai bibit yang nanti di tanam kembali,”ujar Mambu.

Lebih lanjut Kadis mengatakan kekuranganya Pengetahuan dari petani dalam mengolah Benih Saset atau Hibrida pun merupakan penentu dalam hasil panen sehingga tidak herah banyak padi yang di tanam mengunakan Benih Hibrida hasil tidak memuaskan dan bahkan panenya Nihil tidak mendapatkan hasil, atau padinya menjadi Rusak.

“Banyak petani yang salah dalam pengelolaan benih Hibrida, karena yang paling mementukan disisi pemupukan dan perawatanya dan itupun akan berdampak pada penghasilan nanti, apalagi benih ini memerlukan full Teknologi dan Pengelolaan yang khusus sehingga jika budidaya yang salah, otomatis padinya rusak atau hasilnya berkurang,” terang Kadis.

Namun kedepan, lanjut Mambu, pihaknya akan lebih banyak untuk mendampingi Petani serta memberikan Penyuluhan sehingga upaya mendapatkan hasil yang melimpah dari benih Hibrida akan dapat dirasakan, dan di tahun inipun Dinas Pertanian kabupaten Minahasa akan menyalurkan bantuan ke warga Tani berupa benih padi Hibrida walaupun belum dipastikan hari dan Bulanya.( Ody Waseng)

(Visited 504 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *